PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN KERJASAMA DAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MENGGUNAKAN ALAT UKUR SISWA KELAS X TKR B SMK PATRIOT PITURUH TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Binar Indra Laksana Suyitno

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui bagaimana penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan kerjasama dan hasil belajar pada kompetensi menggunakan Alat Ukur siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh, (2) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan kerjasama siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh dengan metode STAD, (3) Untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh dengan metode STAD. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan soal tes berbentuk pilihan ganda pada tiap siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 37 siswa. Urutan kegiatan penelitian ini melalui 4 tahap meliputi ; (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi.
Hasil Penelitian menunjukan bahwa: (1) penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD di kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh menjadikan siswa lebih bersemangat dan antusias dalam memperhatikan pemaparan karena diberi apersepsi yang mudah dipahami dan saat diskusi kelompok siswa lebih aktif dalam menyampaikan pendapat dan memberi tanggapan saat kelompok lain melakukan pemaparan. (2) tingkat kerjasama siswa meningkat dari 47,2% pada kondisi awal menjadi 72% pada siklus I dan 85% pada siklus II. (3) Presentase pencapaian hasil belajar siswa meningkat pada tiap siklusnya, kondisi awal nilai rata-rata yaitu 65 menjadi 74 pada siklus I dengan presentase pencapaian 54% dan pada siklus II nilai rata-rata menjadi 85 dengan presentase pencapaian 89%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan kerjasama dan hasil belajar siswa kelas X TKR B SMK Patriot Pituruh, terbukti dengan adanya peningkatan presentase pada tiap siklusnya.
Kata Kunci : Kerjasama, Hasil Belajar, Pembelajaran Kooperatif.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v8i1.3137

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.