UPAYA MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR BENSIN DENGAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) KELAS X TKR SMK TARUNA ABDI BANGSA KEBUMEN

Wisang Santiya Adji

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran system bahan bakar bensin pada penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS).
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini menggunakan dua siklus. Sobyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas X SMK TARUNA ABDI BANGSA KEBUMEN, yang jumlah siswa 36 yang terdiri 36 laki laki semua.
Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS), dapat dilihat hasil penlitian pra siklus ,siklus 1 dan siklus 2. Pra siklus dari rata rata 50,42yang mengalami ketuntasan 19,43% meningkat rata rata menjadi 75,45% dengan ketuntasan 66,70% .Siklus 1 meningkat rata rata 81,52% dengan ketuntasan 86,20% pada siklus II dari jumlah siswa 36. Prestasi belajar siswa kelas X SMK TARUNA ABDI BANGSA dapat meningkat setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS)
Kata kunci : Hasil beajar, sistem bahan bakar bensin, model pembelajaran Kooperatif tipe Think pair Share

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v8i2.3126

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.