PENGEMBANGAN MEDIA PEMBEAJARAN AUDIO VIDEO PEMELIHARAAN SEPEDA MOTOR MATIC KELAS X TSM DI SMK TAMAN KARYA MADYA PERTAMBANGAN KEBUMEN
Abstract
Tujuan penelitian adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana pengembangan media pembelajaran audio video pemeliharaan Continously Variable Transmision sepeda motor matic pada kelas X TSM di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen, 2) untuk mengetahui kelayakan pengembangan media pembelajaran audio video pemeliharaan Continously Variable Transmision sepeda motor matic pada kelas X TSM di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen, 3) untuk mengetahui keefektifan penggunaan media pembelajaran audio video pemeliharaan Continously Variable Transmision sepeda motor matic pada kelas X TSM di SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TSM A SMK TKM Pertambangan Kebumen tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X TSM B SMK TKM Pertambangan kebumen tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan instrumen tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi presentase.
Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 75 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 79. Terdapat selisih antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen dan juga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatas KKM. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belum mengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan media pembelajaran. Dari hasil belajar tersebut, maka dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan prestasi siswa terhadap pemahaman materi. Media pembelajaran audio video pemeliharaan sepeda motor matic dinyatakan valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di SMK TKM Pertambangan Kebumen.
Kata Kunci: Media pembelajaran, audio video, sepeda motor matic.
Jenis penelitian yang digunakan adalah R and D (Research and Development). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X TSM A SMK TKM Pertambangan Kebumen tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas eksperimen, dan kelas X TSM B SMK TKM Pertambangan kebumen tahun pelajaran 2015/2016, yang berjumlah 27 siswa sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode angket dan instrumen tes. Setelah data diperoleh kemudian dianalisis menggunakan teknik deskripsi presentase.
Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rata-rata kelas kontrol 75 dan nilai rata-rata kelas eksperimen 79. Terdapat selisih antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen dan juga hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sudah diatas KKM. Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belum mengunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan media pembelajaran. Dari hasil belajar tersebut, maka dapat digunakan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan prestasi siswa terhadap pemahaman materi. Media pembelajaran audio video pemeliharaan sepeda motor matic dinyatakan valid dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran di SMK TKM Pertambangan Kebumen.
Kata Kunci: Media pembelajaran, audio video, sepeda motor matic.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v8i2.3120
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.