PENGARUH GAYA BELAJAR DAN KREATIVITAS TERHADAP HASIL BELAJAR DASAR OTOMOTIF SIWA KELAS X SMK N6 PURWOREJO

Indra Wibowo Arif Susanto

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian ex-pos facto dengan analisis regresi. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Data diambil menggunakan dokumentasi dan angket. Data yang diperoleh kemudian diolah menggunakan bantuan program komputer SPSS 16.0 for windows.
Hasil penelitian menunjukan (1) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara gaya belajar terhadap Hasil belajar. Gaya belajar mempunyai nilai thitung sebesar 8.389 dengan nilai probabilitas sebesar 0.0005<0.05, maka H0 ditolak yang berarti Gaya Belajar berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Dasar Otomotif Siswa Kelas X SMK N 6 Purworejo. (2) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Kreativitas Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreativitas Siswa mempunyai nilai thitung sebesar 3.413 dengan nilai probabilitas sebesar 0.001 <0.05, maka H0 ditolak yang berarti Kreativitas Siswaberpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar Dasar Otomotif Siswa Kelas X SMK N 6 Purworejo. (3) Ada pengaruh yang positif dan signifikan antara Gaya Belajar dan kreativitas guru secara bersama-sama terhadap Hasil Belajar. Dengan diperoleh nilai Fhitung sebesar 73.011 dengan probabilitas sebesar 0.000 < 0.05 artinya terdapat pengaruh yang signifikan yang sangat kuat antara gaya belajar dan kreatifitas belajar terhadap Hasil belajar Dasar Otomotif Siswa Kelas XSMK N 6 Purworejo.
Kata kunci : gaya belajar, kreativitas, hasil belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v8i2.3115

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.