PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN PERSEPSI SISWA PADA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR DI SMK NEGERI 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2015/2016, 2) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh persepsi siswa pada guru terhadap hasil belajar kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2015/2016 dan 3) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh motivasi belajar dan persepsi siswa pada guru terhadap hasil belajar kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan jumlah sampel sampel 55 siswa dari dua kelas Teknik Kendaraan Ringan kelas XI di SMK Negeri 1 Purworejo. Variabel motivasi belajar dan persepsi siswa pada guru diperoleh menggunakan angket. Data hasil belajar diperoleh menggunakan data dokumentasi. Pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan 1) terdapat pengaruh motivasi terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2015/2016, dengan t = 5,535 dan p=0,000. 2) Terdapat pengaruh persepsi siswa pada guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2015/2016, dengan t = 3,751 dan p=0,000 dan 3) Terdapat pengaruh secara serentak antara motivasi belajar dan persepsi siswa pada guru terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Purworejo tahun ajaran 2015/2016, dengan F = 18,024 dan p=0,000.
Kata kunci : Motivasi, Persepsi siswa, Hasil Belajar
Kata kunci : Motivasi, Persepsi siswa, Hasil Belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v8i2.3114
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.