PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BE-COOLS (BLENDED COOPERATIVE WITH NANO LESSON STUDY) UNTUK MENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA

Marsono Mingchang Wu Fitria Khasanah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran bagi Dosen Lembaga Pendidik Tenaga Kependidikan (LPTK) untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa, sehingga setelah lulus dari LPTK mereka mau dan mampu menerapkan Lesson Study pada saat menjadi Guru, karena pada waktu di bangku kuliah sudah mendapat pengalaman belajar menggunakan model pembelajaran Be-COOLS. Pelaksanaan Be-COOLS merupakan penggabungan antara Cooperative Learning tipe Jig Saw dengan Lesson Study yang menghadirkan pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, kreativitas, dan melatih kemandirian, serta menghadirkan kolaboratif antar pengajar dan refleksi proses pembelajaran. Hasil dari penelitian ini adalah terbentuknya model pembelajaran Be-COOLS yang sesuai untuk diterapkan Dosen LPTK bagi calon Guru. Selain itu, juga dihasilkan suatu panduan petunjuk pelaksanaan teknis model pembelajaran Be-COOLS untuk membantu Dosen LPTK lain yang ingin menerapkannya. Sehingga, banyak muncul Guru muda lulusan LPTK yang mampu menghadirkan pembelajaran interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, kreativitas, serta melatih kemandirian siswa, demi tercapainya PP No 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Pasal 19.

 

Kata kunci: Model pembelajaran, blended learning, cooperative learning, lesson study


Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v3i1.3014

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.