PENGARUH VARIASI CELAH REED VALVE DAN VARIASI UKURAN PILOT JET, MAIN JET, TERHADAP KONSUMSI BAHAN PAKAR PADA SEPEDA MOTOR KAWASAKI NIJNA 150 TAHUN 2013

MUHAMAD MUHAMAD

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruhvariasicelahreed valueterhadapkonsumsibahanbakar padasepedamotorKawasaki Ninja 150 Tahun 2013, (2) pengaruhvariasiukuranpilot jet,main jetterhadapkonsumsi bahan bakarpadasepedamotorKawasaki Ninja 150 Tahun 2013, dan (3) pengaruhvariasicelahreed valuedanvariasiukuranpilot jet,main jetterhadapkonsumsibahanbakarpadasepedamotorKawasaki Ninja 150 Tahun 2013
Jenis penelitianyangdigunakanadalahdeskriptifkorelasional. Subjek dalam penelitan ini adalah 1 unit sepeda motor Kawasaki Ninja 150 Tahun 2013 yang di variasi dengan berbagai macam reed valve, pilot jet dan main jet. Datadidapatdaripengukurankonsumsibahan bakardengan pemakaianPilot Jet danMainJetdenganukuran17,5/130;15,5/110;dan19,5/150denganvariasi celah reedvalve10mm,9mm,11mm. Jumlahdatapenelitianinidiperoleh denganmelakukanlimakalireplikasipada setiapperlakuan,sehingga jumlahdata yangdiperoleh sebanyak45 buah.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan variasicelahreedvalve terhadaptingkatkonsumsibahanbakarpadasepedamotorKawasaki Ninja 150 Tahun 2013adalahFA lebihbesardaripadaFtabel padatarafsignifikan0,01, makadapatditarikkesimpulanbahwaadaperbedaan pengaruhyang sangat signifikanantara variasicelahreedvalve terhadaptingkatkonsumsibahan bakar pada sepeda motor Kawasaki Ninja 150 Tahun 2013. Pengaruhantaravariasi ukuran pilot jet,main jetterhadaptingkatkonsumsibahanbakar pada sepeda motor Kawasaki Ninja 150 Tahun 2013adalahFB lebihbesardaripadaFtabel padatarafsignifikan0,01 maka dapatditarikkesimpulanbahwaada perbedaanpengaruhyang sangat signifikanantaravariasiukuranpilotjet,main jetterhadaptingkatkonsumsi bahanbakarpada sepedamotorKawasaki Ninja 150 Tahun 2013. Pengaruhbersama(interaksi)antaravariasi celah reed valvedan variasi ukuran pilot jet, main jetterhadap tingkat konsumsibahanbakarpada sepedamotorKawasaki Ninja 150 Tahun 2013adalah FAB lebih besar dari pada Ftabel pada tarafsignifikan 0,01, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa ada perbedaan pengaruh bersama(interaksi)yang sangat signifikanantara variasi celah reedvalve dan variasi ukuran pilotjet, mainjet terhadap tingkat konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Kawasaki Ninja 150 Tahun 2013.
Kata Kunci : Celah Reed Value, Ukuran Pilot Jet, Main Jet, Konsumsi Bahan Bakar, Motor Kawasaki Ninja 150

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i2.2822

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.