MENINGKATKAN KEAKTIVAN DAN HASIL BELAJAR MENGGAMBAR LANJUT DENGAN PERANGKAT LUNAK PROGAM AUTOCAD MODEL PICTURE AND PICTURE PADA SISWA KELAS III TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 2 PENGASIH KULON PROGO
Abstract
Marsudi, 2014. Meningkatkan Keaktivan dan Hasil Belajar Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak Progam Autocad Model Picture And Picture Pada Siswa Kelas III Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) meningkatkan keaktifan belajar siswa, dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa, pada kompetensi Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak menerapkan pembelajaran model “picture and picture”. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, pelaksanaan tindakan dilakukan melalui dua siklus masing- masing siklus dengan tahapan; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penerapan pembelajaran model picture and picture ini diterapkan kepada siswa kelas III Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Pengasih tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil dengan jumlah siswa 28 orang. Data keaktifan siswa diperoleh melalui observasi dan hasil belajar siswa diperoleh nilai ketuntasan belajar hasil produk siswa berupa gambar obyek menggunakan program Autocad pada mata pelajaran Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak kelas III Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Pengasih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada akhir tindakan siklus I diperoleh data keaktivan belajar siswa baru mencapai 46,4 % dan di akhir tindakan pada siklus II siswa yang aktif 92,8 % terjadi peningkatan sebesar 46,4 %, edangkan peningkatan hasil belajar diperoleh data pada akhir tindakan siklus I siswa yang tuntas memenuhi Kriteria Krtuntasan Minimal sebanyak 12 orang atau sekitar 42,8 %, di akhir tindakan pada siklus II semua siswa sebanyak 28 orang atau 100 % telah tuntas memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal.
Kata kunci : hasil belajar, kompetensi kejuruan, model picture and picture.
Penelitian ini bertujuan untuk : 1) meningkatkan keaktifan belajar siswa, dan 2) meningkatkan hasil belajar siswa, pada kompetensi Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak menerapkan pembelajaran model “picture and picture”. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas, pelaksanaan tindakan dilakukan melalui dua siklus masing- masing siklus dengan tahapan; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Penerapan pembelajaran model picture and picture ini diterapkan kepada siswa kelas III Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Pengasih tahun pelajaran 2014/2015 semester ganjil dengan jumlah siswa 28 orang. Data keaktifan siswa diperoleh melalui observasi dan hasil belajar siswa diperoleh nilai ketuntasan belajar hasil produk siswa berupa gambar obyek menggunakan program Autocad pada mata pelajaran Menggambar Lanjut Dengan Perangkat Lunak kelas III Teknik Konstruksi Kayu SMK Negeri 2 Pengasih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pada akhir tindakan siklus I diperoleh data keaktivan belajar siswa baru mencapai 46,4 % dan di akhir tindakan pada siklus II siswa yang aktif 92,8 % terjadi peningkatan sebesar 46,4 %, edangkan peningkatan hasil belajar diperoleh data pada akhir tindakan siklus I siswa yang tuntas memenuhi Kriteria Krtuntasan Minimal sebanyak 12 orang atau sekitar 42,8 %, di akhir tindakan pada siklus II semua siswa sebanyak 28 orang atau 100 % telah tuntas memenuhi Kriteria Ketuntasan Minimal.
Kata kunci : hasil belajar, kompetensi kejuruan, model picture and picture.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i2.2821
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.