PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEB PADA MATA PELAJARAN TUNE UP SISWA KELAS XI TKR C SMK PN2 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis web dalam mata pelajaran Tune Up, 2) Untuk Mengetahuipendapatgurudansisiwatentangmediapembelajaranberbasis webdalam mata pelajaran Tune Up dari segitampilan, bahasa, isidan interaktivitas. 3) Untuk Mengetahuikeefektifanmediapembelajaranberbasisweb siswa SMK PN2 kelas XIjurusan Teknik mesin.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI TKR SMK PN2 Purworejo tahun ajaran 2014/2015. Subjek berjumlah 32 siswa, keas XI TKR C. Penelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah dua kelas, yaitu kelas XI TKR A dan X1 TKR C. Kelas XI TKR A sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan kelas XI TKR C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Web pada mata pelajaran Tune Up. Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara menggundi menggunakankoin.Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rerata hasil belajar siswa, presentase keaktifan dan persentase motivasi belajar siswa yang dihitung menggunakan percentage correction
Hasil dari penelitian yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu :a) analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan uji lapangan. b) pengembangan produk. c) uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan implementasi produk akhir. Produk media ini bisa digunakan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan motivasi serta keaktifan siswa serta pemahaman materi. Karena ada perbedaan ketuntasan hasil belajar pada kelas kontrol 52,17 % yang belum menggunakan media pembelajaran sistem bahan bakar bensin konvensional sepeda motor dengan hasil belajar kelas eksperimen 82,76% yang telah menggunakan media pembelajaran.
Kata Kunci : Media, Web Facebook, Hasil Belajar dan Keaktifan
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI TKR SMK PN2 Purworejo tahun ajaran 2014/2015. Subjek berjumlah 32 siswa, keas XI TKR C. Penelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah dua kelas, yaitu kelas XI TKR A dan X1 TKR C. Kelas XI TKR A sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan kelas XI TKR C sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Web pada mata pelajaran Tune Up. Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara menggundi menggunakankoin.Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rerata hasil belajar siswa, presentase keaktifan dan persentase motivasi belajar siswa yang dihitung menggunakan percentage correction
Hasil dari penelitian yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu :a) analisis kebutuhan, pengembangan produk, dan uji lapangan. b) pengembangan produk. c) uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan implementasi produk akhir. Produk media ini bisa digunakan sebagai salah satu metode untuk meningkatkan motivasi serta keaktifan siswa serta pemahaman materi. Karena ada perbedaan ketuntasan hasil belajar pada kelas kontrol 52,17 % yang belum menggunakan media pembelajaran sistem bahan bakar bensin konvensional sepeda motor dengan hasil belajar kelas eksperimen 82,76% yang telah menggunakan media pembelajaran.
Kata Kunci : Media, Web Facebook, Hasil Belajar dan Keaktifan
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i2.2820
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.