PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM ASSISTED IDIVIDUALIZATION (TAI) MENGGUNAKAN VIDEO TERHADAP KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PERAWATAN DAN PERBAIKAN MESIN 1 KELAS X TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK YPT PURWOREJO.

Sidik Purnomo

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Team Assisted Individualization (TAI) menggunakan video dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran perawatan dan perbaikan mesin 1 kelas X TKR Di SMK YPT Purworejo setelah diterapkannya model pembelajaran tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen menggunakan desain non equivalen control group design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKR SMK YPT Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 79 siswa.
Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi/pengamatan keaktifan belajar siswa yang telah diuji coba dan memenuhi syarat validitas dan reliabilitas yang dianalisis secara deskriptif statistik menggunakan program SPSS 16.0. Teknik analisis data digunakan untuk menganalisa keaktifan belajar yang dilakukan dengan cara memberi penskoran pada masing-masing indikator keaktifan belajar siswa. Selanjutnya bobot skor tersebut dijumlahkan, kemudian di presentasekan dan dikriteriakan ke dalam kriteria keaktifan belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) siswa yang diajar dengan model pembelajaran TAI menggunakan video memperoleh nilai rata-rata keaktifan sebesar 80, sedangkan siswa yang diajar dengan metode pembelajaran ceramah memperoleh nilai rata-rata keaktifan sebesar 72, sehingga menunjukan adanya perbedaan tingkat keaktifan antara siswa yang diajar dengan model pembelajarn TAI dengan siswa yang diajar menggunakan metode ceramah. (2) model pembelajaran TAI lebih efektif dalam meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran perawatan dan perbaikan mesin 1. (3) berdasarkan analisis tes “t” (t-test) diperoleh hasil sig p sebesar 0,003 atau kurang dari 0,05 yang berarti H0 ditolak dan HI diterima, dengan demikian menunjukkan bahwa model pembelajaran TAI dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas X TKR Di SMK YPT Purworejo pada mata pelajaran perawatan dan perbaikan mesin 1, hal tersebut ditunjukkan
Kata Kunci: Keaktifan Belajar, Model Pembelajaran TAI, Metode Ceramah, Media Video

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i2.2819

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.