PENGARUH SARANA DAN PRASARANA BENGKEL OTOMOTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTEK SISTEM KELISTRIKAN BODI PADA SISWA KELAS XI TKR SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah : 1) Mengetahui prestasi belajar praktek sistem sistem penerangan pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nawa Bhakti Kebumen. 2) Mengetahui pengaruh sarana dan prasarana bengkel otomotif terhadap kompetensi pembelajaran praktek sistem kelistrikan bodi pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nawa Bhakti Kebumen.
Jenis pemnelitian ini adalah ex post facto.Populasi dalam penelitian adalah siswa TKR dengan jumlah keseluruan 5 kelas dan diambil sampel 3 kelas dengan jumlah 98 siswa.Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji coba dengan syarat validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, regresi sederhana, korelasi determinasi.
Hasil penelitian yang diperoleh berupa :analisis data dan pembahasan data disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari sarana dan prasarana bengkel otomotif disekolah sebagai tempat pelaksanaan praktek siswa terhadap prestasi belajar praktek sistem kelistrikan bodi pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nawa Bhakti Kebumen. Ditujukan dari hasil analisis data R sebesar 0,556 dengan sig 0,000 ˂ 0,05 N = 98, db 96 dan koefisien determinasi sebesar 0,310, sehingga pengaruh sarana dan prasaran bengkel otomotif terhadap prestasi belajar praktek sebesar 31%. bahwa sarana dan prasarana bengkel otomotif disekolah memberikan kontribusi sebesar 31% terhadap prestasi belajar praktek, dan sisanya 69% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Kata kunci:Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar
Jenis pemnelitian ini adalah ex post facto.Populasi dalam penelitian adalah siswa TKR dengan jumlah keseluruan 5 kelas dan diambil sampel 3 kelas dengan jumlah 98 siswa.Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, metode dokumentasi dan metode angket yang telah diuji coba dengan syarat validitas dan reliabilitas.Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment, regresi sederhana, korelasi determinasi.
Hasil penelitian yang diperoleh berupa :analisis data dan pembahasan data disimpulkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan dari sarana dan prasarana bengkel otomotif disekolah sebagai tempat pelaksanaan praktek siswa terhadap prestasi belajar praktek sistem kelistrikan bodi pada siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Nawa Bhakti Kebumen. Ditujukan dari hasil analisis data R sebesar 0,556 dengan sig 0,000 ˂ 0,05 N = 98, db 96 dan koefisien determinasi sebesar 0,310, sehingga pengaruh sarana dan prasaran bengkel otomotif terhadap prestasi belajar praktek sebesar 31%. bahwa sarana dan prasarana bengkel otomotif disekolah memberikan kontribusi sebesar 31% terhadap prestasi belajar praktek, dan sisanya 69% dipengaruhi oleh faktor – faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Kata kunci:Sarana dan Prasarana, Prestasi Belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i2.2817
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.