EVALUASI PENDIDIKAN SISTEM GANDA DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN MA’ARIF 4 KEBUMEN

Muhamad kowangid

Abstract


Penelitian ini bertujuan : 1) untuk mengetahui gambaran perencanaan program pendidikan sistem ganda, 2) untuk mengetahui pelaksanaan program pendidikan sistem ganda, 3) untuk mengetahui evaluasi program pendidikan sistem ganda, dan 4) untuk mengetahui penghambat pendidikan sistem ganda di Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif 4 Kebumen.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Ma’arif 4 Kebumen yang berjumlah 162 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik sampling probability, yaitu teknik pengambilan sampel yang memberikan peluang atau kesempatan sama bagi setiap unsur atau anggota populasi untuk dipilih menjadi sampel teknik pengumpulan data / analisis data.
Hasil monitoring dari guru pembimbing sekolah ke Du/Di sebagai berikut :Motifasi siswa pada waktu pelaksanaan pendidikan sistem ganda yang mendapat nilai A sebanyak 80%. Sedangkan yang mendapat nilai B sebanyak 16%. Selanjutnya yang mendapatkan nilai C hanya 4%. Tingkat kehadiran siswa pada waktu pelaksanaan pendidikan sistem ganda yang mendapat nilai A sebanyak 86%. Sedangkan yang mendapat nilai B sebanyak 12%. Selanjutnya yang mendapatkan nilai C hanya 2%. Tingkat kedisiplinan siswa pada waktu pelaksanaan pendidikan sistem ganda yang mendapat nilai A sebanyak 82%. Sedangkan yang mendapat nilai B sebanyak 14%. Selanjutnya yang mendapatkan nilai C hanya 4%. Hasil penilaian dari guru pembimbing industri adalah sebagai berikut : mendapatkan nilai B disiplin waktu 78%, nilai B kemauan kerja 84%, nilai B kualitas kerja 88%, nilai B inisiatif dan kreatifitas 84% dan nilai B perilaku 82%, serta siswa yang melaksanakan pendidikan sistem ganda 100% mendapat sertifikat. Dengan demikian maka pelaksanaan pendidikan sistem ganda di Sekolah Menengah Kejuruan Ma’arif 4 Kebumen tahun pembelajaran 2014/ 2015 berarti sangat baik.
Kata kunci: SMK, Pendidikan sistem ganda, Evaluasi

Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif (Auto Tech) by http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/auto tech/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Penerbit: Program Studi Pendidikan Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pto@umpwr.ac.id , Telepon: 0275-321494

Indeks Abstrak: