MENINGKATKAN HASL BELAJAR SISWA DENGAN METODE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) DALAM PEMBELAJARAN SISTEM TRANSMISI TINGKAT XI SMK SMK MA’ARIF 5 GOMBONG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan metode STAD dalam pembelajaran sistem transmisitingkat XI SMK Ma’arif 5 Gombong tahun pelajaran 2014/2015, dan mengetahui presentase peningkatan hasil belajar dalam pembelajaran sistem transmisi tingkat XI SMK Ma’arif 5 Gombong tahun pelajaran 2014/2015.Desain penelitian ini pendekatannya menggunakan penelitian tindakan kelas teridiri dari dua siklus yang setiap siklusnya terdiri dari perencanaan (planning), pengamatan (observation), tindakan (action), dan refleksi (reflection). Penelitian ini dilakukan di SMK Ma’arif 5 Gombong. Subjek penelitian ini adalah siswa tingkat XI TKR 1 yang berjumlah 32 siswa dan semuanya berjenis kelamin laki-laki. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah melalui metode tes dan metode observasi. Untuk analisis data hasil belajar dilakukan dengan deskriptif kuantitatif yaitu menghitung nilai rata-rata siswa.Hasil penelitian menunjukkan bahwa setelah diterapkan metode STAD dengan pembentukan tim dalam pelaksanaan evaluasi hasil belajar siswa tingkat XI TKR 1 dalam pembelajaran sistem transmisimengalami peningkatan. Hal ini diketahui dari hasil belajar siswa, pada kondisi Pra siklus nilai rata-rata siswa adalah 50,47 siswa yang belum berhasil mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebanyak 28 siswa atau sebesar 87,50 % dan siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 4 siswa atau sebesar 12,50 %, pada kondisi siklus I meningkat nilai rata-rata yang didapatkan siswa adalah 69,50, siswa yang belum berhasil mencapai KKM sebanyak 16 siswa atau sebesar 50 % dan siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 16 siswa atau sebesar 50%, pada kondisi siklus II mengalami peningkatan lagi nilai rata-rata yang didapatkan siswa adalah 77,00, siwa yang belum mencapai KKM sebanyak 2 siswa atau sebesar 6,25 % dan siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 30 siswa atau sebesar 93,75 %.
Kata kunci : Hasil belajar, Metode STAD, Sistem Transmisi
Kata kunci : Hasil belajar, Metode STAD, Sistem Transmisi
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i2.2813
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.