PENGARUH SARANA DAN PRASARANA PRAKTIK TERHADAP MINAT BELAJAR TRANSMISI MANUAL KELAS XI DI SMK MUHAMMADIYAH 3 NGANJUK

Kasnoto Kasnoto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh informasi mengenai keadaan pemanfaatan sarana dan prasarana praktik SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk,untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk dan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana praktik terhadap minat belajar transmisi manual siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk.
Jenis penelitian ini adalah ex post facto dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Pemanfaatan sarana dan prasarana praktik dan minat belajar transmisi manual. Subyek penelitian ini adalah kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk dengan teknik Simple Random Sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif, lalu untuk mengetahui pengaruh pemanfaatan sarana dan prasarana praktik terhadap minat belajar transmisi manual, data dianalisis dengan menggunakan koefisien product moment hal ini untuk mengetahui tingkat korelasi kedua variabel tersebut. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 58 siswa terdiri dari 2 kelas XI Teknik Kendaraan Ringan di SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk. Subyek penelitian berjumlah 50 siswa. Data-data yang diperoleh dianalisis menggunakan metode kuantitatif.
Hasil perhitungan regresi diperoleh sig pada thitung sebesar 0,000. Karena sig<0,05 menunjukkan Ho ditolak dan Ha diterima, artinya hipotesis yang berbunyi Ada pengaruh positif dan signifikan antara sarana dan prasarana praktik terhadap minat belajar transmisi manual siswa kelas XI SMK Muhammadiyah 3 Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015 diterima.
Kata kunci : sarana, prasarana, minat belajar ,transmisi manual

Full Text: PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Auto Tech: Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif (Auto Tech) by http://ejournal.umpwr.ac.id/index.php/auto tech/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Penerbit: Program Studi Pendidikan Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo, Jl. KH. Ahmad Dahlan 3 & 6 Purworejo 54111, Jawa Tengah, Indonesia, E-mail: pto@umpwr.ac.id , Telepon: 0275-321494

Indeks Abstrak: