Penerapan Pembelajaran Berbasis Tugas Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Pemeliharaan Sistem Bahan Bakar Bensin Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Gondang Nganjuk

Joni Hariyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1)meningkatkan motivasi belajar siswa melalui pembelajaran berbasis tugas pada mata diklat pemeliharaan sistem bahan bakar bensin, 2) meningkatkan hasil belajar siswa melalui pembelajaran berbasis tugas. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Subyek penelitian tindakan ini adalah siswa kelas XI Program Keahlian Teknik Sepeda Motor SMK Negeri 1 Gondang Nganjuk tahun ajaran 2014/2015, yang berjumlah 25 orang yang terdiri dari 25 siswa laki-laki. Analisis data dengan analisis deskriptif kuantitatif untuk mencari persentase rata-rata motivasi dan hasil belajar siswa. Hasil penelitian ini adalah motivasi dan hasil belajar siswa meningkat dari tiap siklusnya. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata motivasi siswa dari pra siklus dengan persentase 58,06% berkategori kurang, naik menjadi 72,70% berkategori cukup dan semakin meningkat pada siklus II yaitu sebesar 81,29%. Hasil belajar siswa dapat dilihat dari meningkatnya hasil pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis tugas berdasarkan persentase siswa yang memenuhi standar kompetensi pada pra siklus sebesar 20%, pada siklus I meningkat sebesar 52% naik menjadi 80% pada siklus II. Kata kunci:motivasi belajar, hasil belajar, pembelajaran berbasis tugas.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i2.2809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.