HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK SISWA DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN CASIS DAN PEMINDAH TENAGA KELAS XI SMK PANCASILA 1 KUTOARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada hubungan karakteristik siswa dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran casis dan pemindah tenaga, 2) apakah ada hubungan pemanfaatan perpustakaan sekolah oleh siswa dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran casis dan pemindah tenaga, dan 3) apakah ada hubungan karakteristik siswa dan pemanfaatan perpustakaan dengan prestasi belajar siswa mata pelajaran casis dan pemindah tenaga.Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost Facto Research, dan bersifat kualitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas XI TOKR SMK Pancasila 1 Kutoarjo sebanyak 320 siswa. Sampel dalam penelitian ini diambil dengan caraSimple Random Sampling dengan cara pengambilan anggota sample dari populasi secara acak tanpa memperhatikan stara yang ada dalam populasi itu dengan jumlah sampel sebanyak 178 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan metode dokumentasi.Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas denganrumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas serta uji hipotesis dengan menggunakan teknik regresi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Ada pengaruh positif dan signifikan karakteristik siswa terhadap prestasi belajar mata pelajaran Casis dan Pemindah Tenaga kelas XI di SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitunglebih besar dari t tabel (12.296>1,980) dan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang berarti kurang dari 0,05 (0,001<0,05), 2) Ada pengaruh positif dan signifikan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa mata pelajaran Casis dan Pemindah Tenaga kelas XI SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Hal ini dibuktikan dari nilai t hitunglebih besar dari t tabel (11.469>1,980) dan nilai signifikansi sebesar 0,002, yang berarti kurang dari 0,05 (0,002<0,05), dan 3) Ada pengaruh positif dan signifikan karakterisitik siswa dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa siswa mata pelajaran Casis dan Pemindah Tenaga kelas XI SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Hal ini dibuktikan dari nilai F hitung sebesar 0.758 lebih besar dari F tabel (0.758 > 0,309) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Besarnya koefisien determinasi (R ) sebesar 0,326 atau 32,60%. Hasil ini mengindikasikan bahwa prestasi belajar dapat dipengaruhi oleh variabel karakteristik siswa dan pemanfaatan perpustakaan sebesar 32,60%, sedangkan sisanya sebesar 67,40% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti. 2 Kata Kunci: karakteristik, perpustakaan, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2801
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.