MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA DIKLATIGNITION SYSTEMMELALUI METODE GROUP DISCUSSION KELAS XITKRSMK WIDYA KUTOARJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan presentase kelulusan siswa pada pembelajaran Sistem Pengapianmelalui model group disccussion tipe buzzgroup discussionsiswa kelas XI Teknik Kendaraan Ringan SMK Widya Kutoarjo.Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas XI TKR siswa SMK Widya Kutoarjoyang berjumlah 28 siswa.Teknik pengumpuan data penelitian ini menggunakan soal tes berbentuk pilihan ganda pada tiap siklus. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukan adanya peningkatan hasil belajar siswa dan presentase kelulusan siswa yaitu pada pra tindakan, siklus I dan siklus II. Pada observasi pra tindakan nilai rata-rata siswa yaitu 65,54 dengan presentase kelulusan siswa mencapai 50%, pada siklus I nilai rata-rata siswa ada peningkatan menjadi 68,21 dengan presentase kelulusan siswa mencapai 50% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa meningkat menjadi 79,11 dengan presentase kelulusan siswa mencapai 79%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwapenerapan model pembelajaran group disccussiontipebuzzgroup discussiondapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI TKR SMK Widya Kutoarjo dengan ditandai meningkatnya hasil belajar. Kata kunci: Model Pembelajaran,Group Discussion, Hasil Belajar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2800
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.