PENGARUH SARANA DAN PRASARANA PAKTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR MOTOR BENSIN SISWA KLAS XI DI SMK NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Eko Budi Atmoko

Abstract


Eko Budi Atmoko. “Pengaruh Kelengkapan Sarana dan Prasrana Paktik Terhadap Prestasi Belajar Motor Bensin Siswa Di SMK Negeri 4 Purworejo”. Skripsi. Pendidikan Teknik Otomotif. FKIP. Universitas Muhammadiyah Purworejo.2015 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) apakah ada pengaruh antara sarana prasarana pembelajaran yang diperlukan sekolah untuk mendukung proses belajar mengajar, dan 2) sejauh mana pengaruh sarana prasarana pembelajaran terhadap prestasi belajar siswa, Jenis penelitian ini adalah penelitian Expost Facto Research. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI jurusan TKR SMK Negeri 4 Purworejo yang terdiri dari 2 kelas berjumlah 64 siswa dengan jurusan teknik kendaraan ringan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner (angket) dan metode dokumentasi. Instrumen diuji menggunakan uji validitas dengan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Data dianalisis dengan menggunakan uji prasyarat analisis yang meliputi uji normalitas, uji linieritas, dan uji multikolinieritas serta uji hipotesis dengan menggunakan teknik regresi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Hasil analisis deskriptif variabel sarana dan prasarana diperoleh skor nilai rata-rata = 66,41, median = 66.00, standar deviasi/simpangan baku = 5,962, modus = 60 , nilai minimum = 48 , nilai maksimum = 80. Diketahui nilai interval antara 20-50 sebanyak 1 responden. Nilai interval antara 51-60 sebanyak 12 responden, nilai interval 61-70 sebanyak 32 responden, dan nilai interval 71-80 sebanyak 17 responden. Nilai interval tertinggi dari hasil analisis deskriptif adalah 32 responden dengan jarak interval 61- 70.Hasil analisis deskriptif variabel prestasi belajar dengan skor rata-rata = 80.08, median = 81.00, standar deviasi/simpangan baku = 6.434, modus = 86 , nilai minimum = 67, nilai maksimum = 98. Diketahui nilai interval antara 60-70 sebanyak 8 respon. Nilai interval antara 70-80 sebanyak 72 responden, nilai interval 80-90 sebanyak 90 responden, dan nilai interval 90-100 sebanyak 8 responden. Nilai interval tertinggi dari hasil analisis deskriptif adalah 90 responden dengan jarak interval 80-90. Variabel sarana dan prasarana mempunyai nilai t hitung lebih besar dari t tabel (4.286 >1,980) dengan nilai probabilitas sebesar 0.000 < 0.05, maka H0 ditolak yang berarti sarana prasarana berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo Berdasarkan analisis nilai Dari hasil uji regresi linier berganda diperoleh nilai Fhitung sebesar 0.858 dengan probabilitas sebesar 0.000 < 0.05 artinya terdapat pengaruh signifikan yang sangat kuat antara sarana dan prasarana terhadap prestasi belajar siswa di kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo. Ini berarti hipotesis ketiga yang berbunyi ada pengaruh signifikan yang sangat kuat antara sarana dan prasarana terhadap prestasi belajar siswa di kelas XI SMK Negeri 4 Purworejo..
Kata Kunci: sarana prasarana, prestasi belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2798

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.