PENINGKATAN AKTIVITAS BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DENGAN CARD SORT DAN ICE BREAKING PADA SISWA KELAS XI TOKR B SMK PANCASILA 1 KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Dwi Pratama Putra

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas XI TOKR B SMK Pancasila 1 Kutoarjo, yang akan mempengaruhi hasil belajar PKKR melalui model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dengan Card Sort dan Ice Breaking. Subjek penelitian adalah seluruh siswa kelas XI TOKR B yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi dan metode tes. Instrumen yang digunakan pada penelitian berupa lembar observasi aktivitas siswa dan soal tes hasil belajar setiap siklus, berupa tes pilihan ganda. Setelah data terkumpul data dianalisis menggunakan rumus rerata dan persentase. Dari hasil observasi diperoleh peningkatan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa yaitu dari 55,55% dengan kriteria “tinggi” menjadi 80,00% dengan kriteria “sangat tinggi”. Peningkatan aktivitas siswa berpengaruh pada peningkatan hasil belajar siswa. Hasil belajar siswa kelas XI TOKR B SMK Pancasila 1 Kutoarjo meningkat, dari nilai rata-rata awal 67,62 dengan ketuntasan 47,5% menjadi 73,12 dengan ketuntasan 60% setelah diberi tindakan pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 78,12 dengan ketuntasan 77,5% setelah diberi tindakan pada siklus II.
Kata kunci: aktivitas siswa, jigsaw, card sort, ice breaking

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2797

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.