PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA SISTEM STARTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK PATRIOT PITURUH

Didik Prayogo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) untuk mengetahui apakah model pembelajaran menggunakan media Power Point dapat meningkatkan hasil belajar siswa SMK Patriot Pituruh, 2) untuk mengetahui apakah model pembelajaran menggunakan media Power Point dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa SMK Patriot Pituruh, 3) untuk mengetahui apakah model pembelajaran menggunakan media Power Point dapat meningkatkan motivasi belajar siswa SMK Patriot Pituruh.
Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMK Patriot Pituruh. Dengan subjek berjumlah 64 siswa. Penelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah dua kelas, yaitu kelas XI TKR A dan XI TKR B. Kelas XI TKR A sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan kelas XI TKR B sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Power Point pada mata pelajaran Sistem Stater. Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara mengunakan menggunakan koin. Instrument penggumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data hasil belajar di analisis dengan menggunakan rata-rata hasil belajar siswa, presentase keaktifan dan presentase motivasi belajar siswa yang di hitung menggunakan Percentage Correction.
Hasil penelitian yang dilakukan melalui tiga tahap yaitu : a) analisis kebutuhan, pengembangan produk dan uji lapangan. b) pengembangan produk. c) uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil dan implementasi produk akhir. Ketuntasan hasil belajar siswa pada kelas kontrol 65,63% yang belum menggunakan Power Point pembelajaran Sistem Starter konfensional dengan hasil belajar sisiwa kelas eksperimen 100% yang telah menggunakan media pembelajaran, motivasi belajara siswa pada kelas kontrol 80,02% yang belum menggunakan Power Point pembelajaran Sistem Stater konfensional dengan motivasi belajar siswa kelas eksperimen 83,26% yang telah menggunakan media pembelajaran, dan keaktifan siswa pada kelas kontrol 85% yang belum menggunakan Power Point pembelajaran Sistem Stater konfensional dengan keaktifan belajar siswa kelas eksperimen 94,14% yang telah menggunakan media pembelajaran. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka model pembelajaran media Power Point lebih efektif untuk meningkatan keaktifan, motivasi dan hasil belajar siswa kelas XI SMK Patriot Pituruh.
Kata Kunci: Media, Power Point, Hasil Belajar, Keaktifan dan Motivasi.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.