PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XII TKR1 MATA PELAJARAN SISTEM PENGISIAN DI SMK NEGERI 1 LENGKONG NGANJUK
Abstract
Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah metode pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran sistem pengisian di SMK N 1 Lengkong tahun ajaran 2014/2015; (2) untuk mengetahui apakah metode pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan prestasi belajar siswa mata pelajaran sistem pengisian di SMK N 1 Lengkong tahun ajaran 2014/2015.Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII TKR 1 SMK Negeri 1 Lengkong tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 34 siswa. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis dan Taggart. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik di antaranya (1) tes, untuk mengukur kemampuan siswa tentang memelihara dan memperbaiki Sistem Pengisian; (2) angket, untuk melihat motivasi belajar siswa terhadap pelajaran sistem pengisian dengan menggunakan metode pembelajaran quantum teaching. Teknik analisis data yang digunakan kuantitatif dan kualitatif.Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa .1)Terdapat peningkatan motivasi belajar siswa kelas XII TKR 1 SMK N 1 Lengkong pada mata pelajaran sistem pengisian dengan metode pembelajaran quantum teaching. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari: 1) nilai rata - rata yang mengalami peningkatan sebesar 14,29 (19,31%) pada tahap siklus I dan 5,3 (6,68%) pada tahap siklus II; 2) nilai tertinggi meningkat sebesar 8 (10,13%) pada tahap siklus I, dan 10 (11,24%) pada tahap siklus II; 3) nilai terendah yang diperoleh siswa meningkat sebesar 22 (32,83%) pada tahap siklus I, dan 2 (2,89%) pada siklus II.2.)Terdapat peningkatan prestasi belajar siswa kelas XII TKR 1 SMK N 1 Lengkong pada mata pelajaran sistem pengisian dengan metode pembelajaran quantum teaching. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari: 1) nilai rata- rata yang mengalami peningkatan sebesar 21,65 (30,49%) pada tahap siklus I dan 6,1 (7,91%) pada tahap siklus II;
Kata kunci: quatum teaching, motivasi , prestasi , sistem pengisian.
Kata kunci: quatum teaching, motivasi , prestasi , sistem pengisian.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2794
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.