PENGARUH KREATIFITAS DAN FASILITAS PRAKTIK PENGUKURAN TEKNIK DI BENGKEL OTOMOTIF TERHADAP PRESTASI BELAJAR PRAKTIK SISWA KELAS X SMK N 1 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Angestu Dwijoseno. Pengaruh Kreatifitas dan Fasilitas Praktik Pengukuran Teknik di Bengkel Otomotif Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Purworejo Program studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo 2015 Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) apakah ada pengaruh antara kreatifitas terhadap prestasi belajar praktik pengukuran teknik siswa kelas X SMK N 1 Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015. (2) apakah ada pengaruh antara fasilitas praktik pengukuran teknik terhadap prestasi belajar praktik siswa kelas X SMK N 1 Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015.(3) apakah ada pengaruh antara kreatifitas dan fasilitas praktik pengukuran teknik terhadap prestasi belajar praktik siswa kelas X SMK Negeri 1 Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah 62 siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif, karena penelitian kuantitatif merupakan salah satu jenis kegiatan penelitian yang sistematis, terencana, dan terstruktur dengan jelas sejak awal hingga pembuatan desain penelitian, baik tentang tujuan penelitian, subjek penelitian, objek penelitian, sampel data, sumber data, maupun metodologinya. Metode pengambilan data menggunakan kuesioner model skala Likert untuk variabel kreatifitas, fasilitas prakik, dan prestasi belajar. Teknik analisis data yang dipakai untuk menguji hipotesis adalah dengan Uji Simultan (uji F) dan Uji Parsial (uji T ). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan yang sangat kuat antara kreatifitas siswa terhadap prestasi belajar siswa yang dibuktikan dengan hasil uji t yang dilakukan menunjukkan t signifikansi (probability) sebesar 0,001 < 0,05; (2) Terdapat pengaruh yang positif dan sebesar 12.296 > t 1,980 pada taraf signifikan α = 5% dan tingkat hitung tabel signifikan fasilitas praktik terhadap prestasi belajar yang dibuktikan hasil uji t yang dilakukan menunjukkan t tingkat signifikansi (probability) sebesar 0,002 < 0,05; (3) Terdapat pengaruh yang positif sebesar 11.469 > t 1,980 pada taraf signifikan α = 5% dan hitung tabel dan signifikan kreatifitas dan fasilitas praktik pengukuran teknik terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK N 1 Purworejo yang dibuktikan dengan Hasil analisis nilai F hitung sebesar 0.758 lebih besar dari F tabel (0.758 > 0,309) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Besarnya koefisien determinasi (R ) sebesar 0,365 atau 3,650%. analisis nilai F hitung sebesar 0.758 lebih besar dari F tabel (0.758 > 0,309) dan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 (0,000<0,05). 2 2 Besarnya koefisien determinasi R variabel independen (karakterisitik siswa dan Fasilitas) dapat menerangkan variasi variabel prestasi belajar. adalah 0.365 berarti variabel yang dipilih pada Kata kunci : Kreatifitas, fasilitas praktik, prestasi belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2788
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.