PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR KELAS X DI SMK PANCASILA 1 KUTOARJO TAHUN AJARAN 2014/2015

Achmad Wazim Indarwasid

Abstract


Achmad Wazim Indarwasid. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Alat Ukur Kelas X di SMK Pancasila 1 Kutoarjo Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2015 Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui perbedaan prestasi belajar alat ukur jangka sorong siswa antara kelas yang menggunakan media Macromedia Flash dengan kelas yang tidak menggunakan media Macromedia Flash, (2) Mengetahui perbedaan motivasi belajar alat ukur jangka sorong siswa antara kelas yang menggunakan media Macromedia Flash dengan kelas yang tidak menggunakan media Macromedia Flash, dan (3) Mengetahui perbedaan keaktifan alat ukur jangka sorong siswa antara kelas yang menggunakan media Macromedia Flash dengan kelas yang tidak menggunakan media Macromedia Flash Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D).Populasi penelitian adalah siswa kelas X SMK Pancasila 1 Kutoarjo.Dengan subjek berjumlah 64 siswa. Penelitian ini yang digunakan sebagai sampel adalah dua kelas, yaitu kelas X TOKR A dan X TOKR B. Kelas X TOKR B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramah dan kelas X TOKR A sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media Macromedia Flash pada mata pelajaran alat ukur jangka sorong. Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara menggundi menggunakan koin.Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dengan skala Likert yang telah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validitas dan reliabilitas. Data hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rerata hasil belajar siswa dan persentase minat belajar siswa yang dihitung menggunakan percentage correction Hasil dari penelitian menunjukan bahwa hasil belajar dengan menggunakan metode ceramah atau ppt dan diperoleh nilai rata-rata 63,09 dengan presentase kelulusan adalah 52,17%, sedangkan data nilai kelas eksperimen (X TOKR A) dengan macromedia flash dan diperoleh nilai rata-rata 80,03 dengan ketuntasn klasikal adalah 82,76%. Hasil observasi keaktifan, persentase keaktifan belajar siswa adalah 80,99% dari hasil tersebut, menunukan bahwa kektifan beajar siswa sudah masuk criteria baik dan memuaskan, karena sudah mencapai indicator keberhasilan, yaitu mencapai 70%. Hasil observasi motivasi, presentase motivasi belajar siswa adalah 89,31%. Dari hasil tersebut menunjukan bahwa motivasi belajar siswa sudah masuk criteria baik dan memuaska, karena sudah mencapai indicator keberhasilan yaitu 70%. Perbandingan hasil belajar antara kelas control dan kelas eksperimen juga sangat signifikan. Hal ini ditunjukan pada peningkatan rerata hasil belajar yaitu dari 63,09 kelas control (X TOKR A) dengan ketuntasan klasikal 52,17%, dibandingkan dengan kelas eksperimen (X TOKR B) dengan rata-rata 80,03 dengan ketuntasan klasikal 82,76. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka model pembelajaran media macromedia flash efektif untuk 28 Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo ISSN.2303-3738 Vol/07/No.01/Januari 2016 meningkatkan keaktifan, motivasi dan hasil belajar siswa kelas X SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Kata Kunci : Media, Macromedia Flash, Hasil Belajar, Keaktifan, dan Motivasi

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2786

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.