Peningkatan Hasil Belajar Standar Kompetensi Menggunakan Alat Ukur melalui Metode Proyek Kelompok di SMK Intensif Baitussalam Nganjuk Tahun Pelajaran 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) untuk mengetahui bagaimana peningkatan
hasil belajar standar kompetensi menggunakan alat ukur melalui penerapan metode proyek
kelompok di SMK Intensif Baitussalam Nganjuk Tahun 2014/2015, dan (2) untuk
mengetahui bagaimana pengaruh peningkatan hasil belajar standar kompetensi menggunakan
alat ukur melalui penerapan metode proyek kelompok di SMK Intensif Baitussalam Nganjuk
Tahun 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik
Kendaraan Ringan (TKR) 2 SMK Intensif Baitussalam Nganjuk tahun pelajaran 2014/ 2015
yang berjumlah 41 siswa. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan
teknik Sampling Jenuh, yaitu teknik pengambilan sampel dimana seluruh populasi menjadi
sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah kelas X TKR 2. Pengumpulan data
menggunakan metode tes dan dokumentasi. Adapun analisis ujicoba instrumen
menggunakan analisis butir soal, uji validitas instrumen dan uji reliabilitas instrumen. Teknik
analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa: penerapan metode proyek kelompok dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas X TKR 2 SMK Intensif Baitussalam Nganjuk. Hal ini dapat dilihat dari
peningkatan rata-rata nilai hasil belajar pada pra siklus sebesar 73.41, pada siklus 1 sebesar
82.2 dan pada sisklus 2 sebesar 87.32. Selain itu juga dilihat dari peningkatan ketuntasan
belajar siswa kelas X TKR 2 pada pra siklus sebanyak 17 siswa (7.02%), pada siklus 1
sebanyak 17 siswa (41,46%) dan pada sisklus 2 sebanyak 41 siswa (100%).
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Proyek Kelompok
hasil belajar standar kompetensi menggunakan alat ukur melalui penerapan metode proyek
kelompok di SMK Intensif Baitussalam Nganjuk Tahun 2014/2015, dan (2) untuk
mengetahui bagaimana pengaruh peningkatan hasil belajar standar kompetensi menggunakan
alat ukur melalui penerapan metode proyek kelompok di SMK Intensif Baitussalam Nganjuk
Tahun 2014/2015. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi yang
digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X kompetensi keahlian Teknik
Kendaraan Ringan (TKR) 2 SMK Intensif Baitussalam Nganjuk tahun pelajaran 2014/ 2015
yang berjumlah 41 siswa. Cara pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan
teknik Sampling Jenuh, yaitu teknik pengambilan sampel dimana seluruh populasi menjadi
sampel penelitian. Sampel penelitian ini adalah kelas X TKR 2. Pengumpulan data
menggunakan metode tes dan dokumentasi. Adapun analisis ujicoba instrumen
menggunakan analisis butir soal, uji validitas instrumen dan uji reliabilitas instrumen. Teknik
analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat
disimpulkan bahwa: penerapan metode proyek kelompok dapat meningkatkan hasil belajar
siswa kelas X TKR 2 SMK Intensif Baitussalam Nganjuk. Hal ini dapat dilihat dari
peningkatan rata-rata nilai hasil belajar pada pra siklus sebesar 73.41, pada siklus 1 sebesar
82.2 dan pada sisklus 2 sebesar 87.32. Selain itu juga dilihat dari peningkatan ketuntasan
belajar siswa kelas X TKR 2 pada pra siklus sebanyak 17 siswa (7.02%), pada siklus 1
sebanyak 17 siswa (41,46%) dan pada sisklus 2 sebanyak 41 siswa (100%).
Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Proyek Kelompok
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v7i1.2782
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.