PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR CHASSIS PEMINDAH TENAGA DENGAN PENGGUNAAN MACROMEDIA FLASH SISWA KELAS XI TKR SMK TAMTAMA KROYA

Wahyu Kristiaji

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran untuk meningkatkan
prestasi belajar siswa kelas XI Program Keahlian TKR SMK Tamtama Kroya pada Mata Diklat
Chassis Pemindah Tenaga melalui penggunaan macromedia flash. Jenis penelitian yang digunakan
adalah pendekatan penelitian tindakan kelas XI TKR I siswa SMK Tamtama Kroya yang berjumlah
42 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan soal tes berbentuk pilihan ganda pada tiap siklus.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Hasil penelitian
tindakan kelas yang dilaksanakan pada mata diklat Chassis Pemindah Tenaga kelas XI TKR 1 SMK
Tamtama Kroya. Penelitian ini mengalami peningkatan yaitu pada siklus I dan siklus II. Nilai ratarata
kelas pada observasi siklus I yaitu 6,98, dan nilai rata-rata kelas pada siklus II menjadi 7,78.
Hal ini berarti ketercapaian kompetensi kelas dari 42 siswa meningkat dari 68,75% pada siklus I
menjadi 100% pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode
macromedia flash dapat meningkatkan prestasi belajar siswa dengan di tandai meningkatnya
prestasi belajar teori dan dapat juga meningkatkan keterampilan praktik mereka.
Kata Kunci : macromedia flash, prestasi belajar, chassis pemindah tenaga

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i2.2323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.