KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) DAN JIGSAW DITINJAU DARI KECERDASAN INTERPERSONAL SISWA KELAS X TKR SMK YPT PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan dari metode pembelajaran TGT dan Jigsaw
di tinjau dari kecerdasan interpersonal tingkat rendah dan kecerdasan interpersonal tingkat tinggi
yang diketahui berdasarkan hail belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X
TKR SMK YPT Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah siswa. Penelitian ini
menggunakan metode quasi eksperimen menggunakan desain factorial 2x2, data dikumpulkan
dengan menggunakan cara dokumentasi, angket kecerdasan interpersonal dan tes hasil belajar.
Data dari hasil belajar siwa dianalisis secara deskriptif statistik menggunakan program SPSS
ANAVA dua jalan. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui keefektifan metode
pembelajaran TGT dan Jigsaw ditinjau dari kecerdasan interpersonal yang diketahui dari hasil
belajar siswa terhadap pembelajaran perawatan dan perbaikan mesin (PPM) 1 pada fokus materi
sistem pendinginan mesin.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan hasil
belajar siswa materi sisitem pendinginan mesin, siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe
TGT lebih tinggi di bandingkan dengan siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Jigsaw. (2)
siswa yang diajar menggunakan metode TGT dengan tingkat kecerdasan interpersonal tinggi
memperoleh hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mempunyai tingkat
kecerdasan interpersonal rendah. (3) siswa yang diajar menggunakan metode Jigsaw dengan
tingkat kecerdasan interpersonal tinggi mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi di bandingkan
siswa yang mempunyai tingkat kecerdasan interpersonal rendah. (4) tidak terdapat pengaruh
interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat kecerdasan iterpersonal terhadap pencapaian
hasil belajar sistem pendinginan mesin.
Kata kunci : Keefektifan, Metode TGT dan jigsaw, Kecerdasan Interpersonal
di tinjau dari kecerdasan interpersonal tingkat rendah dan kecerdasan interpersonal tingkat tinggi
yang diketahui berdasarkan hail belajar. Subyek dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X
TKR SMK YPT Purworejo Tahun Ajaran 2014/2015 yang berjumlah siswa. Penelitian ini
menggunakan metode quasi eksperimen menggunakan desain factorial 2x2, data dikumpulkan
dengan menggunakan cara dokumentasi, angket kecerdasan interpersonal dan tes hasil belajar.
Data dari hasil belajar siwa dianalisis secara deskriptif statistik menggunakan program SPSS
ANAVA dua jalan. Teknik analisis data digunakan untuk mengetahui keefektifan metode
pembelajaran TGT dan Jigsaw ditinjau dari kecerdasan interpersonal yang diketahui dari hasil
belajar siswa terhadap pembelajaran perawatan dan perbaikan mesin (PPM) 1 pada fokus materi
sistem pendinginan mesin.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) secara keseluruhan hasil
belajar siswa materi sisitem pendinginan mesin, siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe
TGT lebih tinggi di bandingkan dengan siswa yang diajar dengan model kooperatif tipe Jigsaw. (2)
siswa yang diajar menggunakan metode TGT dengan tingkat kecerdasan interpersonal tinggi
memperoleh hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan siswa yang mempunyai tingkat
kecerdasan interpersonal rendah. (3) siswa yang diajar menggunakan metode Jigsaw dengan
tingkat kecerdasan interpersonal tinggi mendapatkan hasil belajar yang lebih tinggi di bandingkan
siswa yang mempunyai tingkat kecerdasan interpersonal rendah. (4) tidak terdapat pengaruh
interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat kecerdasan iterpersonal terhadap pencapaian
hasil belajar sistem pendinginan mesin.
Kata kunci : Keefektifan, Metode TGT dan jigsaw, Kecerdasan Interpersonal
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i2.2322
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.