PENGARUH GURU SERTIFIKASI TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN SISTEM PENDINGIN KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SMK MA’ARIF 4 KEBUMEN
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada Guru yang sudah
bersertifikasi dibandingkan Guru yang belum bersertifikasi pada tingkat motivasi rendah dan
motifasi tinggi, serta untuk mengetahui interaksi siswa terhadap Guru dan motivasi pada
kompetensi Pemeliharaan Mesin Otomotif siswa kelas XI SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun
pembelajaran 2014/ 2015. Eksperimen ini menggunakan Desain Faktorial.Dari hasil analisis
variansi dua sel tak sama dengan signifikasi kesalahan 5% menujukan bahwa Guru bersertifikasi
lebih baik (mean total: 7,8) dibandingkan dengan Guru yan belum bersertifikasi (mean total: 7,6)
dengan sig ρ = 0,000. Sementara pada motivasi tinggi, model pembelajaran Guru bersertifikasi
lebih baik (mean total: 7,8) dibandingkan model pembelajaran Guru belum bersertifikasi (mean
total: 7,4) dengan sig ρ = 0,013 dan pada motivasi rendah model pembelajaran Guru bersertifikasi
lebih baik (mean total: 7,26) di bandingkan dengan model pembelajaran Guru belum bersertifikasi
(mean total: 7,20) dengan sig ρ = 0,000 dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan
motifasi (sig ρ = 0,057)
Kata Kunci: Guru Sertifikasi Dan Hasil Belajar
bersertifikasi dibandingkan Guru yang belum bersertifikasi pada tingkat motivasi rendah dan
motifasi tinggi, serta untuk mengetahui interaksi siswa terhadap Guru dan motivasi pada
kompetensi Pemeliharaan Mesin Otomotif siswa kelas XI SMK Ma’arif 4 Kebumen tahun
pembelajaran 2014/ 2015. Eksperimen ini menggunakan Desain Faktorial.Dari hasil analisis
variansi dua sel tak sama dengan signifikasi kesalahan 5% menujukan bahwa Guru bersertifikasi
lebih baik (mean total: 7,8) dibandingkan dengan Guru yan belum bersertifikasi (mean total: 7,6)
dengan sig ρ = 0,000. Sementara pada motivasi tinggi, model pembelajaran Guru bersertifikasi
lebih baik (mean total: 7,8) dibandingkan model pembelajaran Guru belum bersertifikasi (mean
total: 7,4) dengan sig ρ = 0,013 dan pada motivasi rendah model pembelajaran Guru bersertifikasi
lebih baik (mean total: 7,26) di bandingkan dengan model pembelajaran Guru belum bersertifikasi
(mean total: 7,20) dengan sig ρ = 0,000 dan tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan
motifasi (sig ρ = 0,057)
Kata Kunci: Guru Sertifikasi Dan Hasil Belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i2.2319
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.