PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM EFI DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK MA’ARIF 5 GOMBONG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan
menggunakan media pembelajaran sistem EFI di SMK ma’arif 5 Gombong. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research And Development) dengan
analisis deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu
observasi, angket, dan tes. Uji kelayakan media didapat data kelayakan dari ahli materi
dengan persentase 85%, ahli media sebesar 86,67 %, uji coba produk tahap I 79,33%, uji
coba produk tahap II 87,33% dan uji lapangan sebesar 92,31 %. Hasil observasi keaktifan
siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran mendapat presentase
keaktifan sebesar 86,67%. Hasil pembelajaran siswa di kelas kontrol mendapat nilai ratarata
sebesar 68.19 dengan ketuntasan 55.56%, sedangkan kelas eksperimen mendapat
nilai rata-rata sebesar 80 dengan ketuntasan 97.22%. Sehingga dalam pembelajaran
menggunakan media pembelajaran berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar
siswa.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar
menggunakan media pembelajaran sistem EFI di SMK ma’arif 5 Gombong. Penelitian ini
menggunakan jenis penelitian pengembangan (Research And Development) dengan
analisis deskriptif kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu
observasi, angket, dan tes. Uji kelayakan media didapat data kelayakan dari ahli materi
dengan persentase 85%, ahli media sebesar 86,67 %, uji coba produk tahap I 79,33%, uji
coba produk tahap II 87,33% dan uji lapangan sebesar 92,31 %. Hasil observasi keaktifan
siswa yang pembelajarannya menggunakan media pembelajaran mendapat presentase
keaktifan sebesar 86,67%. Hasil pembelajaran siswa di kelas kontrol mendapat nilai ratarata
sebesar 68.19 dengan ketuntasan 55.56%, sedangkan kelas eksperimen mendapat
nilai rata-rata sebesar 80 dengan ketuntasan 97.22%. Sehingga dalam pembelajaran
menggunakan media pembelajaran berpengaruh terhadap keaktifan dan hasil belajar
siswa.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Keaktifan Siswa, Hasil Belajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i2.2316
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.