MENINGKATKAN EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PRAKTIK MENGGUNAKAN METODE PRAKTIK BEROTASI BERBASIS PEMBELAJARAN TIM PADA MATA PELAJARAN KEJURUAN MEMPERBAIKI SISTEM PENGISIAN DI SMK KARYA MANDIRI GARUNG WONOSOBO

Rostnani Kholida A

Abstract


Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2015
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa
kelas XI TKR-A yang berjumlah 16 orang. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus
terdiri dari empat kali pertemuan, pertemuan pertama pada siklus I dan siklus II adalah
pembelajaran praktik dan pertemuan kedua hingga keempat pada akhir siklus adalah tes praktik.
Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, kuesioner, observasi,
tes, dan dokumentasi. Aspek yang diteliti meliputi aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.
Tindakan yang diberikan oleh guru adalah pembelajaran praktik menggunakan metode praktik
berotasi berbasis pembelajaran tim. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah
menyusun materi pembelajaran praktik dalam bentuk job sheet praktik berotasi, kemudian job
sheet tersebut dibagikan kepada tim-tim belajar untuk dikerjakan. Pada tahap awal praktik,
anggota tim mengerjakan sub kompetensi yang ada pada job sheet secara bergantian dan urut,
kemudian pada tahap berikutnya mereka merotasi pekerjaan sub kompetensi tersebut kepada
teman anggota timnya secara urut kembali, demikian seterusnya sampai setiap sub kompetensi
yang terdapat pada job sheet praktik dikerjakan oleh masing-masing anggota tim. Data dianalisis
menggunakan statistik deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan efektivitas pembelajaran praktik pada mata
pelajaran kejuruan memperbaiki sistem pengisian. Hal ini ditunjukkan oleh: (1) aktivitas belajar
siswa saat pembelajaran praktik pada siklus I mencapai 86,72%, dengan kriteria sangat kuat, pada
siklus II meningkat menjadi 100%, dengan kriteria sangat kuat; (2) rata-rata nilai hasil belajar siswa
pada siklus I adalah 89,52, dengan kriteria sangat baik, pada siklus II meningkat menjadi 94,57,
dengan kriteria sangat baik.
Kata kunci: efektivitas, metode, berotasi, pembelajaran, tim

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i2.2315

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.