MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN METODE STAD DALAM PEMBELAJARAN KELISTIKAN OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH SADANG TAHUN 2013/2014

Rusli Sutomi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan di SMK Muhammadiyah Sadang yang beralamat di Jalan Sadang
KM.033, Desa Sadangkulon, Sadang, Kebumen. Penelitian bertujuan untuk meningkatkan hasil
belajar siswa tingkat XI TKR di SMK Muhammadiyah Sadang. Siswa tingkat XI TKR berjumlah 40
siswa yang semuanya berjenis kelamin laki-laki. Metode yang digunakan adalah metode deskripitif
kuantitatif yang hasilnya menghitung rata-rata nilai siswa. Dari hasil penelitian diperoleh data
pada pra siklus siswa yang berhasil mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebanyak 8 siswa
atau sebesar 20 % dan siswa yang belum berhasil mencapai KKM sebanyak 32 siswa atau sebesar
80 %, pada siklus I mengalami peningkatan 27.5 % siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak
19 siswa atau sebesar 47,5 % dan siswa yang belum berhasil sebanyak 21 siswa atau sebesar 52,5
%, pada siklus II kembali mengalami peningkatan 40% siswa yang belum berhasil mencapai KKM
sebanyak 5 siswa atau sebesar 12,5 % dan siswa yang berhasil mencapai KKM sebanyak 32 siswa
atau sebesar 87,5 %.
Kata kunci: hasil belajar, metode STAD, kelistrikan otomotif

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i2.2314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto