PENGARUH PRESTASI BELAJAR PENGETAHUAN GAMBAR TEKNIK DAN PENGETAHUAN LOGAM TERHADAP KEAHLIAN LAS SISWA KELAS X SMK MA’ARIF 6 AYAH KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Rochdiyanto Rochdiyanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Prestasi Belajar
Pengetahuan Gambar Teknik terhadap Keahlian Las pada Siswa Kelas X SMK Ma’arif 6 Ayah,
Kebumen. (2) Untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pengetahuan Logam terhadap Keahlian
Las pada Siswa Kelas X SMK Ma’arif 6 Ayah, Kebumen. (3) Untuk mengetahui tingkat Prestasi
Belajar Pengetahuan Gambar Teknik dan Pengetahuan Logam terhadap Keterampilan Mengelas
siswa kelas X SMK Ma’arif 6 Ayah Kebumen, Tahun Pelajaran 2014/2015. Hasil penelitian
menunjukan bahwa ada dua prediktor, pertama yaitu prestasi Prestasi Belajar Pengetahuan
Gambar Teknik mempunyai pengaruh positif dan signifikan terhadap Keahlian Las siswa kelas X
Teknik Kendaraan Ringan SMK MA’ARIF 6 Ayah Kebumen karena mempunyai sumbangan relatif
(SR%)= 49,57% dan sumbangan efektif (SE%)= 7,58%, Pengetahuan Logam lebih berpengaruh
positif dan signifikan terhadap prestasi belajar praktek pengelasan siswa kelas X Teknik Kendaraan
Ringan SMK MA’ARIF 6 Ayah, Kebumen karena mempunyai sumbangan relative (SR%)= 50,43%
dan sumbangan efektif (SE%)= 7,92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pengetahuan gambar
teknik pengaruhnya lebih besar terhadap keterampilan mengelas siswa dari pada pengetahuan
logam)
Kata Kunci: Prestasi Belajar, gambar Teknik, Logam dan Keahlian Las

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i2.2313

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.