PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TRANSMISI MANUAL DENGAN MACROMEDIA FLASH UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMK NAWA BHAKTI KEBUMEN

Nasron Aziza

Abstract


Tujuan pada penelitian ini adalah: (1) untuk mengetahui tahap dan proses pengembangan media
pembelajaran transmisi manual dengan macromedia flash, (2) untuk mengetahui keaktifan siswa
dalam pembelajaran transmisi manual dengan macromedia flash di SMK Nawa Bhakti Kebumen.
(3) untuk mengetahui pengaruh hasil belajar siswa tentang pelajaran transmisi manual dengan
macromedia flash di SMK Nawa Bhakti Kebumen.
Sebagai subyek adalah siswa kelas XI TKR C dan kelas XI TKR D SMK Nawa Bhakti Kebumen tahun
pelajaran 2014/2015, yang berjumlah 33 orang Pengumpulan data dilakukan dengan
menggunakan metode observasi, tes, angket, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh kemudian
dianalisis menggunakan teknik deskripsi persentase.
Hasil analisis data hasil evaluasi kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh persentase nilai
rata-rata kelas kontrol 56,96% dan persentase nilai rata-rata kelas eksperimen 75,15%. Terdapat
selisih antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen sebesar 18,19. Dari analisis data tersebut
terdapat perbedaan yang signifikan atara siswa yang belum mengunakan media pembelajaran
dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan media pembelajaran. Dapat disimpulkan
bahwa media pembelajaran transmisi manual menggunakan macromedia flash dapat digunakan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa di SMK Nawa Bhakti Kebumen.
Kata kunci : Media Pembelajaran, macromedia flash, dan Hasil Belajar.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i2.2310

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.