PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN CHASIS DAN SUSPENSI OTOMOTIF DI SMK NEGERI 4 PURWOREJO

Muhammad Thoriq Irsyad

Abstract


Tujuan yang dicapai dalam penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui apakah metode
pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan motivasi belajar siswa mata pelajaran
chasis dan suspensi otomotif di SMK N 4 Purworejo tahun ajaran 2013/2014; (2) untuk
mengetahui apakah metode pembelajaran quantum teaching dapat meningkatkan prestasi
belajar siswa mata pelajaran chasis dan suspensi otomotif di SMK N 4 Purworejo tahun ajaran
2013/2014. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR B SMK Negeri 4 Purworejo tahun
pelajaran 2013/2014 sebanyak 29 siswa. Penelitian ini menggunakan model Penelitian Tindakan
Kelas (PTK) Kemmis dan Taggart. Setiap siklus terdapat empat tahapan yaitu, perencanaan,
tindakan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan
menggunakan teknik di antaranya (1) tes, untuk mengukur kemampuan siswa tentang
memelihara, dan memperbaiki sistem rem dan komponennya; (2) angket, untuk melihat motivasi
belajar siswa terhadap pelajaran chasis dan suspensi otomotif dengan menggunakan metode
pembelajaran quantum teaching. Teknik analisis data yang digunakan kuantitatif dan kualitatif.
Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) terdapat peningkatan motivasi
belajar siswa kelas XI TKR B SMK N 4 Purworejo pada mata pelajaran chasis dan suspensi otomotif
dengan metode pembelajaran quantum teaching. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari: 1) nilai
rata-rata yang mengalami peningkatan sebesar 0,4 (6,35%) pada tahap siklus I dan 2,2 (25,88%)
pada tahap siklus II; 2) nilai tertinggi meningkat sebesar 0,6 (8,11%) pada tahap siklus I, dan 1,8
(19,57%) pada tahap siklus II; 3) nilai terendah yang diperoleh siswa meningkat sebesar 0,2
(3,64%) pada tahap siklus I, dan 2,4 (30,38%) pada siklus II; (2) terdapat peningkatan prestasi
belajar siswa kelas XI TKR B SMK N 4 Purworejo pada mata pelajaran chasis dan suspensi otomotif
dengan metode pembelajaran quantum teaching. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari: 1) nilai
rata-rata yang mengalami peningkatan sebesar 0,7 (12,50%) pada tahap siklus I dan 2,2 (28,21%)
pada tahap siklus II; 2) nilai tertinggi meningkat sebesar 1 (12,50%) pada tahap siklus I,dan 2
(20,00%) pada tahap siklus II; 3) nilai terendah yang diperoleh siswa meningkat sebesar 1 (28,57%)
pada tahap siklus I, dan 3 (46,5%) pada siklus II.
Kata kunci: quatum teaching, motivasi belajar, prestasi belajar, chasis dan suspensi otomotif

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i2.2309

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.