MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DENGAN DISIPLIN PRAKTIKUM SERVIS POROS PENGGERAK PADA SISWA KELAS XI SEMESTER IV TEKNIK OTOMOTIF SMK MUHAMMADIYAH 2 BOROBUDUR MAGELANG

Muhammad Arsyad

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya jumlah siswa kelas XI Teknik Otomotif SMK
Muhammadiyah 2 Borobudur yang mencapai pada mata diklat servis poros penggerak dan
sebagian siswa yang memiliki kedisiplinan rendah dalam melaksanakan praktikum. Tujuan
penelitian adalah meningkatkan hasil belajar dengan disiplin praktikum servis poros penggerak
pada siswa Kelas XI Semester IV Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang.
Jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus. Subjek penelitian adalah
siswa kelas XI Semester IV Teknik Otomotif SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang yang
berjumlah 32 Orang. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan analisis desktiptif presentase. Hasil penelitian menunjukkan
kedisplinan praktikum praiklus adalah rendah meningkat menjadi 31,56 (sedang) pada siklus I dan
menjadi 36,91 (tinggi) pada siklus II. Seiring dengan meningkatnya kedisiplinan maka hasil belajar
juga mengalami peningkatan. Hal ini dibuktikan hasil tes pada prasiklus 67,65 dengan ketuntasan
mencapai 35,29%, kemudian menjadi 75,88 pada siklus I dengan ketuntasan mencapai 61,76%.
Pada akhir siklus II diperoleh rerata hasil tes sebesar 84,56 dengan ketuntasan mencapai 94,12%.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Disiplin dan Praktikum

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i2.2307

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.