PENERAPAN METODE ALAT PERAGA ENGINES CUTTING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PERAWATAN DAN PERBAIKAN MESIN KELAS X DI SMK YPT PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan metode Alat Peraga Engines
Cutting dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami sistem perawatan dan
perbaikan mesin kelas X di SMK YPT Purworejo. Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilaksanakan
pada siswa kelas X di SMK YPT Purworejo tahun pembelajaran 2014/ 2015, yang berjumlah 38
siswa. Sampel diambil secara acak dengan metode random sampling. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan tes. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian: (1)
berdasarkan hasil perhitungan analisis data dan sesuai rumusan pada hipotesis, dapat diketahui
hasil belajar siswa lebih baik menggunakan metode alat peraga engines cutting; (2) hasil prestasi
siswa dari prasiklus sampai siklus II banyak mengalami kenaikan hasil prestasi belajar siswa pada
perawatan dan perbaikan mesin kelas X di SMK YPT Purworejo. Kemampuan siswa dalam
pembelajaran perawatan dan perbaikan mesin sebesar 68,03 dengan ketuntasan 36% kategori
sangat kurang. Setelah penelitian dilakukan menggunakan metode alat peraga, kemampuan hasil
belajar perawatan dan perbaikan mesin menjadi 76,32 atau 68,03% termasuk masih kategori
cukup. Selanjutnya pada siklus II, kemampuan siswa dalam pembelajaran perawatan dan
perbaikan mesin meningkat lagi menjadi 84,34 atau 92,11% merupakan kategori sudah baik dan
sudah mencapai nilai KKM yang telah di tetapkan 75,00.
Kata Kunci: Alat Peraga engines cutting, Perawatan dan Perbaikan Mesin.
Cutting dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam memahami sistem perawatan dan
perbaikan mesin kelas X di SMK YPT Purworejo. Desain penelitian yang digunakan dalam
penelitian ini adalah desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang dilaksanakan
pada siswa kelas X di SMK YPT Purworejo tahun pembelajaran 2014/ 2015, yang berjumlah 38
siswa. Sampel diambil secara acak dengan metode random sampling. Teknik pengumpulan data
dilakukan dengan tes. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Hasil penelitian: (1)
berdasarkan hasil perhitungan analisis data dan sesuai rumusan pada hipotesis, dapat diketahui
hasil belajar siswa lebih baik menggunakan metode alat peraga engines cutting; (2) hasil prestasi
siswa dari prasiklus sampai siklus II banyak mengalami kenaikan hasil prestasi belajar siswa pada
perawatan dan perbaikan mesin kelas X di SMK YPT Purworejo. Kemampuan siswa dalam
pembelajaran perawatan dan perbaikan mesin sebesar 68,03 dengan ketuntasan 36% kategori
sangat kurang. Setelah penelitian dilakukan menggunakan metode alat peraga, kemampuan hasil
belajar perawatan dan perbaikan mesin menjadi 76,32 atau 68,03% termasuk masih kategori
cukup. Selanjutnya pada siklus II, kemampuan siswa dalam pembelajaran perawatan dan
perbaikan mesin meningkat lagi menjadi 84,34 atau 92,11% merupakan kategori sudah baik dan
sudah mencapai nilai KKM yang telah di tetapkan 75,00.
Kata Kunci: Alat Peraga engines cutting, Perawatan dan Perbaikan Mesin.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i2.2306
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.