PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN SISTEM KOPLING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA DI SMKN 1 WADASLINTANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran
sistem kopling (2) mengembangkan media pembelajaran system kopling di SMKN 1 Wadaslintang.
Subjek penelitian semua siswa kelas XI TKR 1&2 SMKN 1 Wadaslintang yang berjumlah 70 siswa.
TKR 1 sebagai kelas control dan TKR 2 sebagai kelas eksperimen penelitian ini menggunakan
penelitian jenis penelitian research and development yang menggunakan angket sebagai teknik
pengumpulan data yang diperoleh. Hasil dari penelitian menunjukkan dengan menggunakan
media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran system kopling, terdapat perbedaan pada
hasil belajar siswa SMKN 1 Wadaslintang antara siswa yang menggunakan media pembelajaran
audio visual dengansiswa yang menggunakan media pembelajaran ‘’konvensional’’ setelah diberi
angket. Melalui angket yang diberikan diperoleh hasil rata-rata kelas kontrol 64,10% dan kelas
eksperimen 76,90%. Dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen terjadi peningkatan antara
sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran pada sistem kopling.
Kata kunci: media pembelajaran, audio visual, keaktifan belajar.
sistem kopling (2) mengembangkan media pembelajaran system kopling di SMKN 1 Wadaslintang.
Subjek penelitian semua siswa kelas XI TKR 1&2 SMKN 1 Wadaslintang yang berjumlah 70 siswa.
TKR 1 sebagai kelas control dan TKR 2 sebagai kelas eksperimen penelitian ini menggunakan
penelitian jenis penelitian research and development yang menggunakan angket sebagai teknik
pengumpulan data yang diperoleh. Hasil dari penelitian menunjukkan dengan menggunakan
media pembelajaran audio visual pada mata pelajaran system kopling, terdapat perbedaan pada
hasil belajar siswa SMKN 1 Wadaslintang antara siswa yang menggunakan media pembelajaran
audio visual dengansiswa yang menggunakan media pembelajaran ‘’konvensional’’ setelah diberi
angket. Melalui angket yang diberikan diperoleh hasil rata-rata kelas kontrol 64,10% dan kelas
eksperimen 76,90%. Dapat disimpulkan bahwa pada kelas eksperimen terjadi peningkatan antara
sebelum dan setelah menggunakan media pembelajaran pada sistem kopling.
Kata kunci: media pembelajaran, audio visual, keaktifan belajar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i2.2305
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.