PENGARUH KOPETENSI GURU OTOMOTIF DAN MINAT BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN SISTEM STATER KELAS XI BIDANG KEAHLIAN TEKNIK MEKANIK OTOMOTIF DI SMK MUHAMMADIYAH 2 WONOSOBO

Johani Johani

Abstract


Penelitian ini mengetahui pengaruh kompetensi guru otomotif dan minat belajar siswa terhadap
prestasi belajar siswa mata pelajaran System Starter Kelas XI Bidang Keahlian Teknik Mekanik
Otomotif di SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo.
Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah eks post facto. Populasi penelitian ini adalah
keseluruhan siswa kelas XI Bidang Keahlian teknik Otomotif di SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo
tahun pelajaran 2014/2015 dengan jumlah 25 siswa dengan jumlah sampel 18 orang. Data
kompetensi guru dan minat belajar diperoleh menggunakan angket. Da prestasi belajar berasal
dari dokumentasi data nilai mata pelajaran sistem stater kelas XI Bidang keahlian Teknik Otomotif
SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo.
Hasil penelitian menunjukkan kompetensi guru otomotif termasuk kategori sedang yaitu
61,11%,minat belajar siswa termasuk kategori tinggi 72,11%, dan prestasi belajar termasuk
kategori sedang 77,78%. Hasil uji hipotesis menunjukkan ada pengaruh positif dan signifikan
kompetensi guru otomotif terhadap prestasi belajar (p=0,003) dan ada pengaruh positif dan
signifikan minat belajar terhadap prestasi belajar (p=0,022). Uji hipotesis ketiga membuktikan ada
hipotesis ketiga ada pengaruh positif dan signifikan kompetensi guru otomotif dan minat belajar
secara bersama-sama terhadap prestasi belajar (p=0,000) dengan sumbangan sebesar 47%.
Kata kunci : Kompetensi Guru, Minat Belajar, Prestasi Belajar.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i1.2301

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.