PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PENGAPIAN SISWA KELAS X SMK PANCASILA 1 KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Hari Prasetyo

Abstract


Rumusan masalah dalam penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) Mengetahui ada atau
tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara status sosial ekonomi orang tua terhadap
hasil belajar dalam dalam materi pengapian pada siswa kelas X TKR SMK Pancasila 1 Kutoarjo (2)
Mengetahui ada atau tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara motivasi belajar
terhadap hasil belajar dalam dalam materi pengapian pada siswa kelas X TKR SMK Pancasila 1
Kutoarjo (3) Mengetahui ada dan tidaknya pengaruh yang positif dan signifikan antara status
sosial ekonomi orang tua dan motivasi belajar siswa secara bersama-sama terhadap hasil belajar
dalam dalam materi pengapian pada siswa kelas X TKR SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Populasi dalam
penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Populasi dari penelitian ini terdiri 131
siswa dengan jurusan teknik kendaraan ringan. Sampel penelitian ini berjumlah 95 anggota,
ditentukan dengan pedoman pada table Krejcie dengan tingkat kesalahan 5%. Pengambilan
sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Analisis data yang digunakan adalah
analisis deskriptif dan kuantitatif. Hasil analisis diskriptif menunjukan bahwa penggunaan status
sosial ekonomi orang tua siswa frekuansi memiliki terbanyak terdapat pada skor 50-60, yakni
sebesar 40 responden, variabel motivasi belajar siswa memiliki frekuensi terbanyak terdapat pada
skor 60-70, yakni sebesar 44 responden, variabel hasil belajar siswa memiliki frekuensi terbanyak
berada pada skor 80-85 yakni persentase sebesar 39 responden. Analisis kuantitatif, diperoleh
data koefisien korelasi Status sosial ekonomi orang tua mempunyai nilai thitung sebesar 1.196
dengan nilai probabilitas sebesar 0.001 < 0.05, maka H0 ditolak yang berarti status sosial
ekonomi orang tua berpengaruh signifikan terhadap Hasil Belajar di SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Dari
variabel Motivasi belajar siswa mempunyai nilai thitung sebesar 1.469 dengan nilai
probabilitas sebesar 0.002 < 0.05, maka H0 ditolak yang berarti Motivasi belajar siswa
berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar siswa. Berdasarkan analisis korelasi ganda
diketahui Dengan diperoleh nilai Fhitung sebesar 75.748 dengan probabilitas sebesar 0.000 < 0.05.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan nilai R2 adalah 0.897 berarti variabel yang dipilih pada
variabel independen (status sosial ekonomi orang tua dan motivasi) dapat menerangkan variasi
variabel indeks prestasi dengan kontribusi 89.70 % dan sisanya 10.30% diterangkan oleh variabel
lain.
Kata kunci: status sosial ekonomi, motivasi belajar, hasil belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i1.2299

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.