PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN EXPLICIT INSTRUCTION UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERAWATAN BATERAI SISWA KELAS X TKR SMK NEGERI 1 PURING TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Cici Sulistiani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa pada pembelajaran Perawatan
Baterai melalui pembelajaran Explicit Instruction (EI) siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK
Negeri 1 Puring Kebumen. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian tindakan
kelas X TKR 2 siswa SMK Negeri 1 Puring Kebumen yang berjumlah 34 siswa. Instrumen penelitian
ini menggunakan soal tes berbentuk pilihan ganda pada tiap siklus. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif.Hasil penelitian ini menunjukan adanya
peningkatan prestasi belajar siswayaitu pada kondisi awal, siklus I dan siklus II. Nilai rata-rata
siswa tuntas pada observasi awal yaitu 72, nilai rata-rata pada siklus I menjadi 75 dan pada siklus
II menjadi 79. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajara Explicit
Instruction dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas X TKR 2 SMK N 1 Puring dengan
ditandai meningkatnya hasil belajar.
Kata Kunci: Model pembelajaran Explicit Instruction, Prestasi belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i1.2291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.