MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING PADA MATA PELAJARAN SISTEM REM SISWA KELAS XI TKR II DI SMK MUHAMMADIYAH PURWODADI PURWOREJO

Budi Setiawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa SMK Muhammadiyah
Purwodadi pada siswa kelas XI TKR II melalui pembelajaran Quantum Teaching. Jenis
penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus.
Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR II SMK Muhammdiyah Purwodadi yang
berjumlah 20 siswa, yang terdiri dari 20 siswa laki-laki. Teknik pengumpulan data dengan
menggunakan metode tes, yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar pretest dan
lembar postest .Analisis data dalam penelitian ini dengan menggunakan persentase dan
rerata. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan prestasi belajar siswa dalam materi
sistem rem. Rata-rata nilai siswa sebelum memanfaatkan metode quantum teaching
adalah 72 dengan ketuntasan klasikal sebesar 40%. Rata-rata nilai siswa setelah
memanfaatkan metode quantum teaching siklus I meningkat menjadi 77 dengan
ketuntasan klasikal sebesar 75% dan lebih meningkat lagi pada siklus II yaitu menjadi 88
dengan ketuntasan klasikal sebesar 100%. Hal ini menunjukan adanya peningkatan
prestasi belajar sistem rem siswa dengan diterapkannya model pembelajaran Quantum
teaching.
Kata kunci: prestasi belajar, model pembelajaran Quantum teaching

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i1.2289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.