PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM BAHAN BAKAR MENGGUNAKAN AUDIO VIDEO UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA SMK PANCASILA 1 KUTOARJO
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui media
macromedia flash pada mata pelajaran sistem bahan bakar sepeda motor kelas XI SMK Pancasila
1 Kutoarjo Kabupaten Purworejo dengan jumlah 52 siswa dengan 29 siswa kelas eksperimen dan
23 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi,angket
(kuisioner), dan metode tes. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Data
hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rerata hasil belajar siswa dan persentase keaktifan
belajar siswa yang dihitung menggunakan percentage correction. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa memperoleh persentase 80,9%. Perbandingan hasil
belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen juga sangat signifikan. Hal ini ditunjukkan pada
peningkatan rerata hasil belajar yaitu dari 63,09 kelas kontrol (Kelas XI B) dengan ketuntasan
klasikal 52,17%,dibandingkan dengan kelas eksperimen dengan rata rata 80,03 dengan ketuntasan
klasikal 82,76%. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka model pembelajaran media macromedia
flash efektif untuk meningkatkan keaktifan, hasil belajar siswa kelas XI A SMK Pancasila 1 Kutoarjo
Kabupaten Purworejo.
macromedia flash pada mata pelajaran sistem bahan bakar sepeda motor kelas XI SMK Pancasila
1 Kutoarjo Kabupaten Purworejo dengan jumlah 52 siswa dengan 29 siswa kelas eksperimen dan
23 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data dengan menggunakan metode observasi,angket
(kuisioner), dan metode tes. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Data
hasil belajar dianalisis dengan menggunakan rerata hasil belajar siswa dan persentase keaktifan
belajar siswa yang dihitung menggunakan percentage correction. Hasil dari penelitian ini
menunjukkan bahwa keaktifan belajar siswa memperoleh persentase 80,9%. Perbandingan hasil
belajar antara kelas kontrol dan kelas eksperimen juga sangat signifikan. Hal ini ditunjukkan pada
peningkatan rerata hasil belajar yaitu dari 63,09 kelas kontrol (Kelas XI B) dengan ketuntasan
klasikal 52,17%,dibandingkan dengan kelas eksperimen dengan rata rata 80,03 dengan ketuntasan
klasikal 82,76%. Jika dilihat dari hasil tersebut, maka model pembelajaran media macromedia
flash efektif untuk meningkatkan keaktifan, hasil belajar siswa kelas XI A SMK Pancasila 1 Kutoarjo
Kabupaten Purworejo.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i1.2286
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.