PENGGUNAAN METODE GROUP DISCUSSION UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN POWER TRAIN KELAS X TKR 3 SMK PANCASILA I KUTOARJO

Agus Ristiyanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahamann siswa pada mata pelajaran Power
Train SMK Pancasila I Kutoarjo. Guru kurang menekankan pada konsep dasar sehingga terasa sulit
untuk siswa. Kurangnya variasi pengajaran dan pembiasaan kemandirian siswa yang dapat
membuat siswa aktif dan turut terlibat dalam pembelajaran sehingga siswa dituntut untuk
berpikir aktif akan memperjelas gambaran siswa tentang materi yang dipelajari. Penelitian ini
bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa melalui penerapan metode Group Discussion.
Penelitian ini bertujuan untuk meneliti peningkatan pemahaman siswa kelas X TKR 3 SMK
Pancasila I Kutoarjo dengan penerapan metode Group Discussion
Penelitian ini dibatasi pada ranah kognitif yaitu tentang aspek pemahaman. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa melalui metode Group Discussion dalam mata pelajaran power train dapat
meningkatkan pemahaman siswa kelas X TKR 3 SMK Pancasila I Kutoarjo. Hal ini ditunjukkan
dengan meningkatnya rata-rata nilai hasil belajar siswa pada pra sikklus sebesar 52.17 % siswa
yang tuntas KKM menjadi 56.521% siswa tuntas pada siklus I dan meningkat lagi pada akhir siklus
II sebesar 73.91% siswa tuntas KKM yaitu dengan nilai rata-rata 70. Dan juga aktifitas siswa dapat
meningkat selama kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan Group Discussion dalam mata
pelajaran power train di kelas X TKR 3 SMK Pancasila I Kutoarjo dilihat dari kekompakan
kelompok yang meningkat, ketingkat yang baik dan kemampuan kelompok dalam menyelesaikan
tugas.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v6i1.2285

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.