PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN TUNE UP SEPEDA MOTOR UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN KEMANDIRIAN SISWA DI SMK CIPTA KARYA PREMBUN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur pembelajaran tune up sepeda motormenggunakan media video dan pengaruh media pembelajaran tune upsepeda motor terhadapaktivitas dan kemandirian siswa di SMK Cipta Karya Prembun pada siswa kelas XI SMK cipta KaryaPrembun tahun ajaran 2013/2014, yang mendapatkan materi tune up yaitu kelas XI TKRyangterdiri dari 400 siswa. Kelas XI TKR B sebagai kelas kontrol yang menggunakan metode ceramahdan kelas XI TKR F sebagai kelas eksperimen yang menggunakan media pembelajaran tune up.Cara menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol yaitu dengan cara mengundi menggunakankoin. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi. Analisis datameliputi kriteria interpretasi data dan pengolahan data. Hasil analisis data hasil evaluasi kelaskontrol dan kelas eksperimen diperoleh nilai rerata kelas kontrol 56,18 dan nilai rerata kelaseksperimen 64,80. Terdapat selisih antara kelas kontrol dengan kelas eksperimen sebesar 8,62.Dari analisis data tersebut terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang belummenggunakan media pembelajaran dan siswa yang sudah menggunakan menggunakan mediapembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran tune upsepeda motor dapatdigunakan untuk meningkatkan aktivitas dan kemandirian belajar siswa di SMK Cipta KaryaPrembun.Kata kunci: Media Pembelajaran, Meningkatkan, Aktivitas dan Kemandirian Belajar.
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i2.1898
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.