PENGARUH MOTIVASI DAN MODUL PRAKTIK TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI SMK MA’ARIF 9 KEBUMEN

Teguh Supriyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh motivasi terhadap prestasi belajar sistemrem, (2) pengaruh modul praktik terhadap prestasi belajar sistem rem, (3) pengaruh motivasibelajar dan modul praktik terhadap prestasi belajar sistem rem siswa kelas XI SMK Ma’arif 9Kebumen.Populasi dalam penelitian ini 134 siswa, jumlah sampel 100 siswa. Penentuan jumlahsampel ditentukan berdasarkan tabel penentuan yang dikembangkan oleh Issac dan Michel.Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Pengumpulan datamenggunakan angket dan dokumentasi. Uji validitas menggunakan validitas konstruk danreliabilitas dengan alpha cronbach. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif dananalisis kuantitatif. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukan bahwa motivasi belajar siswa padakategori cukup sebesar 59%, modul praktik pada kategori cukup sebesar 59%, berdasarkananalisis kuantitatif menunjukkan bahhwa motivasi belajar siswa mempengaruhi prestasi belajar (r= 0,272 sig = 0,000 < 0,05. modul praktik mempengaruhi pencapaian prestasi belajar siswa (r =0,697 sig = 0,000 < 0,05). Artinya hipotesis ke dua diterima karena hasilnya positif. Hasil regresiganda diperoleh koefisien (R) sebesar 0,760 ( F = 66,489 sig = 0,000 < 0,05 berarti ada pengaruhyang positif dan signifikan antara motivasi belajar siswa dan modul praktik secara bersama-samaterhadap pencapaian hasil belajar siswa. Persamaan regresi Y= 40,223 + 0,373X1+ 0,931X2, daridata di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar mempengaruhi prestasi sebesar 0,272 dansig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, sedangkan modul praktik mempengaruhi presasi belajarsiswa sebesar 0,697 dan sig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05, sedangkan hasl regresi ganda yaitupengaruh motivasi dan modul praktik bersma-sama menunjukan F hitung sebesar 66,489 sedangkansig sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05.Kata kunci: modul praktik, motivasi, prestasi

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i2.1897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.