MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PRAKTIK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) PADA STANDAR KOMPETENSI SISTEM AC DI KELAS XI KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK OTOTRONIK SMK TAMAN KARYA MADYA PERTAMBANGAN KEBUMEN

Teguh Budiharyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa melaluipenerapan model pembelajaran berbasis masalah (Problem Based Learning) pada standarkompetensi sistem AC di kelas XI kompetensi keahlian Teknik Ototronik SMK Taman Karya MadyaPertambangan Kebumen tahun pelajaran 2013/2014, (2) Untuk mengetahui seberapa besarpeningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan pembelajaran berbasis masalah (ProblemBased Learning) pada standar kompetensi sistem AC di kelas XI kompetensi keahlian TeknikOtotronik SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen tahun pelajaran 2013/2014.Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Populasi yang digunakan dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI kompetensi keahlian Teknik Ototronik 3 SMK TamanKarya Madya Pertambangan Kebumen tahun pelajaran 2013/ 2014 yang berjumlah 40 siswa. Carapengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Sampling Jenuh, yaitu teknikpengambilan sampel dimana seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Sampel penelitian iniadalah kelas XI OTO 3. Pengumpulan data menggunakan metode tes. Teknik analisis datamenggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkanbahwa: Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah dapat meningkatkan hasil belajarpraktek siswa kelas XI OTO 3 SMK Taman Karya Madya Pertambangan Kebumen. Hal iti dapatdilihat dari peningkatan rata-rata nilai hasil belajar pada pra siklus sebesar 72.5, pada siklus 1sebesar 77.3 dan pada sisklus 2 sebesar 81.7. Selain itu juga dilihat dari peningkatan ketuntasanbelajar siswa pada pra siklus sebanyak 13 siswa (32.5%), pada siklus 1 sebanyak 25 siswa (62.5%)dan pada sisklus 2 sebanyak 40 siswa (100%)Kata Kunci: Hasil Praktik, Model Pembelajaran Berbasis Masalah

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i2.1896

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

barbartoto barbartoto situs toto scatter hitam slot gacor barbartoto slot demo barbartoto