KEEFEKTIVAN METODE PEMBELAJARAN CERAMAH DENGAN MEDIA ANIMASI DAN METODE DEMONSTRASI TERHADAP PENINGKATAN PENGETAHUAN MATA PELAJARAN TRASMISI MANUAL KELAS XI DI SMK TAMTAMA KROYA

Taryono Taryono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektivan metode pembelajaran ceramah denganmedia animasi dan metode demonstrasi pada mata pelajaran trasmisi manual kelas XI SMKTamtama Kroya Cilacap. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jeniseksperimen semu (Quasi experiment). Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalahrandom sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui metode tes. Teknik analisis data yangdilakukan adalah analisi deskriptif dan uji prasayarat analisis dengan uji normalitas, ujihomoginitas, serta uji hipotesis dengan Uji-T Sampel independen (independent t-Tes) dan Uji-TSampel Berkorelasi (piared t-Test). Hasil penelitian siswa kelas eksperimen sesudah menggunakanmetode pembelajaran ceramah dengan media animasi memperoleh nilai rata-rata 73.75 dansiswa kelas kontrol sesudah menggunakan metode demonstrasi memperoleh nilai rata-rata 67.88artinya ada perbedaan yang signifikan antara metode pembelajaran ceramah dengan mediaanimasi den metode demonstrasi, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metodepembelajaran ceramah dengan media animasi lebih efektiv dibandingkan dengan metodedemonstrasi.Kata kunci : Keefektivan, Metode pembelajaran, Animasi, Demonstrasi.

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i2.1895

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.