PENERAPAN PEMBELAJARAN DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PRESENTASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEAKTIFAN SISWA DI SMK PANCA BHAKTI BANJARNEGARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa setelah penerapanmodel presentasi dalam mata pelajaran sistem bahan bakar bensin. Jenis penelitian yangdigunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas, subjek penelitian adalah siswa kelas XI-TO8 SMKPanca Bhakti Banjarnegara yang berjumlah 32siswa. Teknik pengumpulan data menggunakanlembar observasi dan soal tes berbentuk pilihan ganda pada tiap siklus. Teknik analisis data yangdigunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil Penelitian Tindakan Kelas yangdilaksanakan pada mata pelajara Sistem Bahan Bakar Bensin kelas XI-TO8 SMK Panca BhaktiBanjarnegara mengalami peningkatan, untuk peningkatan hasil belajar siswa pada kondisi awalyaitu 18,8 %, setelah dilaksanakan siklus I naik menjadi 47 % dan pada akhir siklus II naik menjadi84,30 % Kemudian keaktifan belajar siswa yaitu pada kondisi awal siklus I dan siklus II, Rata-ratapada observasi awal yaitu 48,00 %, observasi pada siklus I menjadi 60,90 %, dan pada siklus IImenjadi 78,10 %,Kata kunci: model presentasi, hasil belajar, keaktifan siswa
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i2.1892
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.