UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR K3 MELALUI METODE GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS X SMK PANCASILA 1 KUTOARJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajarsiswa dengan penerapan model pembelajaran group investigation, dan (2) untuk mengetahuipeningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan metode oembelajaran Group InvestigationPada Siswa Kelas X SMK Pancasila 1 Kutoarjo. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas(PTK), yaitu penelitian yang berusaha meningkatkan hasil belajar dan keaktivan belajar, suaturencana pembelajaran terhadap kinerja guru serta interaksi antara siswa dengan siswa, dan siswadengan guru, adapun jumlah subyek adalah 28 siswa dengan tingkat kemampuan belajar K3 yangbervariasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode angket dan soal yangsudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Analisis data menggunakan teknik deskriptifkuantitatif.Hasil belajar siswa kelas X TKR SMK Pancasila kutoarjo menggunakan metode GroupInvestigation memperoleh nilai rata-rata pada prasiklus sebesar 63,03 termasuk kategori cukupbaik, sedangkan nilai rata-rata pada siklus I mencapai 73,75 dan termasuk dalam kategori cukupbaik. Pada siklus II, nilai rata-rata yang dicapai adalah 78,75. Peningkatan dari prasiklus ke siklus Isebesar 10,72. Peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 5. Dengan demikian dapat dibuktikanada peningkatan dalam pembelajaran pada mata diklat Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)menggunakan metode Group Investigation pada siswa kelas X TKR SMK Pancasila kutoarjo.Kata kunci: hasil belajar, metode group investigation.PENDAHULUANBelajar
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i2.1889
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.