PENGARUH KARAKTERISTIK GURU DALAM MENGAJAR MATA PELAJARAN MOTOR BENSIN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X TKR DI SMK PATRIOT PITURUH TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Okta Heri Purnama

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh karakteristik guru dalammengajar terhadap preatasi belajar pada kompetensi motor bensin siswa kelas X SMK PatriotPituruh tahun pelajaran 2014/ 2015.Jenis penelitian ini adalah penelitian Kuantitatif.Subjyekpenelitian ini adalah seluruh guru progam otomotif di SMK Patriot Pituruh yang berjumlah 5 orangdan seluruh siswa kelas X Teknik Otomotif Kendaraan Ringan SMK Patriot Pituruh yang berjumlah90 siswa.Tehnik pengumpulan data adalah dokumentasi, observasi, wawan cara dan tes. Sebelumdigunakan untuk pengambilan data,diujikan pada hasil/ Uji hasil analisis regresi linier sederhana.Hasil penelitian menujukan sig 0,000, menujukan pengaruh positif dan signifikan karakteristikguru terhadap prestasi belajar siswa kelas X SMK Patriot Pituruh. Hal ini didukung dengan datasebagai berikut: guru mengajar gaya klasik mempunyai rerata nilai 77,22 lebih rendah dibandingguru mengajar tidak klasik: 81, 46. Gaya mengajar teknologis didapat rerata nilai 81,11 lebih tinggidibanding mengajar tidak teknologis sebesar 79, 86. Gaya mengajar personalisasi sebesar 81, 04lebih tinggi dibanding tidak personalisasi: 78, 89. Gaya mengajar interaksional rerata sebesar 81,46 lebih tinggi dibanding tidak interaksional sebesar 77, 42.Kata Kunci: karakteristik guru,prestasi belajar

Full Text:

PDF Text


DOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i2.1887

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed Abstract:

Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id

 Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.