PENGARUH MICRO TEACHING DAN PRAKTIK INDUSTRI TERHADAP KESIAPAN PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: tingkat prestasi mata kuliah micro teaching danpraktik industry terhadap kesiapan mahasiswa praktik pengalaman lapangan (PPL) UniversitasMuhammadiyah Purworejo.Populasi penelitian diambil dari mahasiswa transfer program studipendidikan otomotif angakatan 2013 sebanyak 14 mahasiswa Universitas MuhammadiyahPurworejo dan jumlah sampel yang diambil dari 10 mahasiswa. Instrumen pengumpulan datamenggunakan angket dan nilai mata kuliah microteaching dan nilai praktik industri yang masingmasingsudah diuji cobakan dan telah memenuhi syarat validasi dan reabilitas.Analisa datamenggunakan analisa varian satu arah( ANOVA )Setelah dianalisis dengan analisa varian satu arahmenunjukkan bahwa pengaruh microteaching dan praktik industry memberikan pengaruh yangnyata terhadap kesiapan mahasiswa praktek pengalaman lapangan (PPL). Berdasarkanperhitungan korelasi parsial menunjukan bahwa : (1) rxy= 3,674; sig<0,05 terhadap kesiapanmahasiswa PPL program studi pendidikan teknik otomotif dan setelah dianalisis regresi gandamenunjukan (X2 = tidak linier, Y:8,611 + 0,0875 X1adalahLinier ) terhadap kesiapan mahasiswa PPLprogram studi pendidikan universitas Muhammadiyah Purworejo. Dengan demikian dapatdisimpulkan bahwa secara umum peranan microteaching dan praktik industri berpengaruhterhadap kesiapan mahasiswa PPL program studi pendidikan teknik otomotif UniversitasMuhammadiyah purworejo.Kata kunci : micro teaching, praktik industri, kesiapan mahasiswa PPL
Full Text:
PDF TextDOI: https://doi.org/10.37729/autotech.v5i2.1884
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed Abstract:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan
Universitas Muhammadiyah Purworejo
Jl. KHA. Dahlan 3 Purworejo, Jawa Tengah, 54111
email: pto@umpwr.ac.id
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.